pencahayaan desain interior kamar tidur hangat teduh, nyaman mempesona

Bagaimana pendapat Anda jika Anda mempunyai rumah dengan desain interior bagus tetapi ruangan tersebut gelap dan tanpa cahaya? Tentu Anda sepakat dengan saya bahwa Anda tidak betah dan akan segera meninggalkan rumah tersebut. Karena rasa sumpek dan pengap pasti akan Anda dapatkan dalam kamar tidur seperti itu.

Yups, sebagus apapun penataan desain interior rumah Anda namun jika tidak didukung dengan pencahayaan yang baik, akan mengurangi bahkan menghilangkan kesan baik pada desain interior rumah Anda. Pencahayaan memang menjadi unsur yang penting dalam desain interior. Pencahayaan yang tidak baik akan menghilangkan tekstur desain interior rumah Anda. Selain pencahayaan ada 5 hal penting dalam mendesain interior kamar tidur.

Pencahayaan kamar tidur 3

Sebaliknya pemilihan pencahayaan yang baik akan meningkatkan kesan nyaman meskipun konsep yang diusung dalam desain interior tersebut sederhana. Bahkan perabot yang tersedia pun bukan perbabot desaian interior kamar tidur yang mahal. Namun cahaya dapat Anda optimalkan sehingga suasana seperti yang Anda harapkan dapat terwujud.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pencahayaan (lighting) desain interior adalah ruangan yang akan ditata pencahayaannya. Pencahayaan untuk kamar tidur tentu berbeda dengan pencahayaan untuk ruang utama, ruang tamu ataupun dapur. Berikut beberapa saran dalam penataan pencahayaan interior rumah Anda.

Sisi estetika hendaknya menjadi pertimbangan dalam pencahayaan desain interior kamar tidur Anda.

pencahayaan kamar tidur 2

Kenapa estetika harus diperhatikan? Ya, karena terkadang Anda membutuhkan waktu untuk beraktivitas di kamar tidur Anda dengan pencahayaan yang kuat. Karenanya, pencahayaan kamar tidur dengan kontras cahaya antara redup dan terang perlu disediakan dalam kamar tidur Anda.

Jika pencahayaan hanya ada satu jenis akan menyulitkan ketika Anda membutuhkan pencahayaan desain interior kamar tidur yang redup. Kecuali kalau Anda kemudian memaksakan diri dengan pencahayaan yang ada. Tetapi tentu hal itu akan mengurangi kenyamanan Anda. Di samping itu kamar tidur dengan satu sumber cahaya akan memberi efek jenuh dan membosankan.

Peletakan Lampu atau Sumber Cahaya dalam desain interior kamar tidur

Desain interior kamar tidur 4

Selain estetika Anda juga harus memperhatikan apakah ruangan pencahayaan desain interior kamar tidur Anda akan menempel pada dinding, lantai atau pada plafond kamar tidur Anda. Kemudian apakah kamar tidur Anda ada yang bertekstur atau flat (rata) saja. Mengapa hal itu perlu dipertimbangkan?

Ya, karena pencahayaan kamar tidur yang langsung dan kuat dan terang ke arah kain dengan tekstur ataupun dinding batu atau kayu beralur akan membuat itu semua akan menjadi datar. Sehingga fungsi tekstur menjadi tidak muncul bahkan hilang. Dengan demikian tentu Anda akan sia-sia menempatkan kain atau dinding bertekstur.

Inilah detail hal yang harus Anda perhatikan saat Anda akan mendesain pencahayaan dalam interior kamar tidur Anda.

Desain interior kamar tidur yang bagaimana yang Anda inginkan?

Ini terkait dengan konsep dan gaya desain interior yang Anda inginkan. Aktivitas apa saja yang sering atau biasa Anda lakukan dalam ruangan itu. Saya yakin ketika Anda berada di kamar tidur Anda, aktivitas yang Anda lakukan bukan hanya tidur atau istirahat saja. Nah di sinilah perlunya Anda menempatkan pencahayaan kamar tidur Anda nanti akan membantu memperlancar aktivitas Anda.

Focus atau eye catching dalam desain interior kamar tidur

Desain interior kamar tidur 7

Biasanya ada pertimbangan tertentu ketika seorang desainer menjadikan bagian dari desain interiornya menjadi titik focus. Pencahayaan desain interior kamar tidur yang baik akan mempertajam focus ataupun eye catching sehingga begitu Anda atau siapapun yang masuk dalam kamar tidur itu titik point tersebut menjadi pandangan pertama yang akan menyapa visualnya.

Agar pencahayaan desain interior kamar tidur Anda terkesan lebih simple.

Anda dapat menempatkan elemen-elemen dekoratif dalam desain interior kamar tidur Anda. Chandelier (Lampu Gantung), Wall Lamp (Lampu Dinding), Table Lamp (Lampu Meja) dan Standing Lamp (Lampu Berdiri) juga dapat Anda jadikan pertimbangan untuk mendukung terciptanya desain interior kamar tidur Anda yang nyaman dan menyenangkan. Tentu bukan hanya pencahayaan saja yang perlu diperhatikan dalam desain interior kamar tidur. Ada 5 hal penting dalam mendesain interior kamar tidur.