percantik desain interior ruangan dengan dinding dekoratif unik

Dinding merupakan salah satu dari elemen pembentuk ruangan. Bahkan dinding merupakan hal terpenting untuk membentuk ruangan. Sebagai pembentuk ruangan dinding mempunyai beberapa fungsi. Semua fungsi yang dimiliki dinding akan optimal jika dinding didesain dengan baik. Adapun fungsi dinding selain sebagai pembentuk ruangan antara lain;

Pertama, sebagai Pemikul Beban di atasnya.

Untuk fungsi ini, dinding seharusnya kuat dan bertahan terhadap 3 kekuatan pokok yaitu tekanan horizotal, tekanan vertikal, beban vertikal dan daya tekuk akibat beban vertikal tersebut. Ketidakseimbangan kemampuan dinding akan menyebabkan terjadinya sesuatu yang tidak diharapkan

Kedua, sebagai pembatas ruangan.

Sebagai pembatas ruangan dinding merupakan pembatas menyangkut penglihatan, sehingga manusia terlindung dari pandangan langsung, biasanya berhubungan dengan kepentingan – kepentingan pribadi atau khusus. Adanya dinding akan lebih menjamin privasi pemiliknya. Sebab seseorang tidak akan dapat melihat secara langsung apa yang ada di balik dinding tersebut.

Percantik Ruangan dengan Dekorasi Dinding5

Meski fungsinya hanya sebagai pembatas ruangan sekaligus sekat pembentuk suatu rumah, dinding juga dapat dikreasikan menjadi lebih dekoratif agar mempercantik tampilan ruangan. Ada banyak cara agar dapat membuat dinding menjadi lebih dekoratif. Banyak elemen yang dapat digunakan sebagai kreasi pada dinding, salah satunya adalah dengan memberikan dekorasi yang unik dan fresh.

Agar tampilan pada dinding lebih menarik, dekorasinya dapat diganti dengan bahan material lain, seperti menggantinya dengan lukisan dinding rumah dengan menggunakan cat. Akan tetapi tidak seperti biasanya mengecat dan menggambar lukisan dinding, ada teknik tertentu yang berbeda-beda sehingga dinding juga terlihat lebih menarik. Anda pun harus memperhatikan warna cat rumah Anda secara keseluruhan.

Pilihan lain adalah dengan mengaplikasikan wallpaper. Wallpaper memiliki banyak pilihan sehingga memudahkan untuk memilih baik dari segi warna, corak, motif sampai bahan dasar wallpaper itu sendiri. Namun, untuk memperkuat aksen pada dinding Anda dapat menempatkan furniture, pajangan dinding seperti lukisan dinding dan lain-lain.

Dinding dekoratif yang ramai dengan kesan dramatis akan sangat cocok untuk jenis ruangan minimalis dengan dinding furniture dan hiasan yang sederhana sehingga fungsi dinding itu sendiri akan menonjol sebagai salah satu focal point ruangan tersebut. Akan tetapi jika ruangan sudah bergaya art deco dengan furniture mewah nan elegan disertai dengan hiasan mahal ala kristal, dekorasi dinding sebaiknya lebih diminimalisasi.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat dekorasi dinding adalah warna dinding. Karena warrna dinding juga berpengaruh pada kesan ruang, warna-warna yang mengkilat lebih banyak memantulkan sinar sebaliknya warna buram kurang memantulkan sinar. Warna-warna yang terang memberikan kesan ringan dan luas pada suatu ruang, sedangkan warna gelap memberikan kesan berat dan sempit.

Dekorasi dinding juga dapat memanfaatkan benda material lain, seperti keramik. Keramik biasanya akrab dengan ruangan seperti dapur atau kamar mandi. Bedanya di banding dapur atau kamar mandi, pada ruang keluarga atau kamar tidur hanya perlu mengaplikasikannya setengah atau kurang dari keseluruhan bagian dinding. Jadi tidak perlu satu dinding penuh seperti kamar mandi. Semua cara dapat dilakukan sesuai dengan keinginan Anda.

Kesimpulanya dalam membuat dekorasi dinding dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan membuat motif-motif dekorsi dengan digambar, dicat, dicetak, diaplikasikan dan dilukis secara langsung didinding, menutupi atau melapisi dengan bahan yang ornamentik atau dengan memasang hiasan-hiasan yang ditempel pada dinding.