Partisi Lipat Elemen untuk Mempercantik Ruangan dengan

Tips Mempercantik Ruangan dengan Partisi Lipat – Partisi ruangan atau penyekat ruang merupakan elemen yang banyak digunakan oleh orang. Apalagi bagi mereka yang mempunyai rumah minimalis. Partisi ruangan menjadi alternatif terbaik untuk memisahkan dua ruang dengan fungsi yang berbeda.

partisi lipat kayu tunggal

Beberapa jenis partisi pun kini banyak ditawarkan, dari model yang sederhana hingga yang berkelas mewah nan elegan. Dari yang tradisional sampai yang modern. Sehingga, mencari partisi bagi sebagian orang tidak menjadi persoalan.

Salah satu jenis partisi yang saat ini banyak diminati adalah partisi lipat. Selain sifatnya yang moveable (dapat dipindah, termasuk partisi non permanen), partisi ini lebih praktis dan fleksibel. Partisi lipat dapat dijadikan sebagai pengganti dinding rumah.

partisi lipat kain putih

Namun, karena tergolong masih baru, apalagi jika diaplikasikan dalam sebuah rumah pribadi, beberapa hal perlu Anda perhatikan saat akan memilih partisi lipat. Salah memilih partisi ruangan bisa jadi justru akan menjadikan kesan sempit pada ruangan Anda. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih partisi, antara lain:

Sesuaikan Partisi Lipat dengan Ruangan

partisi lipat putih

Ini merupakan sesuatu yang harus Anda perhatikan pertama kali. Mengapa? Tentu agar partisi yang Anda pasang benar-benar pas dan cocok untuk ruangan tersebut. Jangan sampai kehadiran penyekat lipat dalam ruangan justru menjadikan ruangan kacau tak beraturan.

Sebagai contoh, untuk sebuah ruangan dengan desain minimalis, pilihlah partis lipat yang minimalis. Pilihlah partisi yang sederhana. Hindari dekorasi yang berlebihan. Kalau toh Anda mengingikan ukiran dalam partisi  Anda, carilah partisi lipat dengan ukiran yang sederhana dan tidak banyak. Karena ukiran yang banyak justru akan menjadikan ruangan Anda menjadi terkesan ramai, sempit dan sumpek.

Perhatikan Material Partisi Lipat yang Digunakan

partisi lipat pembatas taman

Banyak material partisi lipat yang ditawarkan. Berbagai pilihan gaya dengan bahan yang berbeda pun ditawarkan. Material yang saat ini sering digunakan dalam pembuatan partisi antara lain kayu, aluminium, kaca, besi, PVC, Multiplek dan lain-lain. Tentu masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Salah satu yang harus Anda pertimbangkan terkait dengan material atau bahan pembuat partisi ini adalah kekuatannya. Dengan bahan yang kuat minimal Anda dapat memastikan bahwa partisi yang nantinya Anda aplikasikan dalam sebuah ruangan dapat bertahan lama. Dengan demikian nilai ekonomis dalam pemilihan partisi lipat menjadi salah satu bahan pertimbangan.

partisi lipat kayu

Untuk menambah nilai estetika partisi, pada finishingnya, Anda dapat menambahkan wallpaper atau dekorasi dinding lainnya, seperti HPL, kain Cosglow. Nilai estetika yang ditampilkan partisi dengan finishing seperti itu akan memanjakan orang yang berada di ruangan tersebut.

Anggaran Yang Tersedia

partisi lipat kain

Bahkan persoalan anggaran ini seharusnya sudah Anda pertimbangkan sejak Anda mempunyai keinginan untuk mengaplikasikan pembatas lipat pada rumah Anda. Harga partisi lipat biasanya ditentukan oleh bahan dan modelnya. Semakin bagus kualitas bahan dan semakin rumit desainnya, dapat dipastikan harganya pun akan lebih mahal.

Meski demikian, jangan juga memilih partisi lipat dengan harga yang murah tetapi kualitas sangat rendah. Karena justru dari sisi ekonomi partisi tersebut menjadi tidak ekonomis. Anda akan direpotkan dengan seringnya Anda harus mengganti partisi lipat tersebut. Karenanya, carilah harga yang terjangkau dengan kualitas produk yang baik.

Cobalan bandingkan dari toko yang satu dengan toko yang lain. Sehingga Anda memperoleh gambaran yang harga yang sesuai dengan kemampuan Anda namun kualitas yang tidak mengecewakan.

Perhatikan Warna
partisi lipat warna orange

Warna dapat menciptakan suasana. Ini yang harus Anda pahami. Dengan demikian, ketika Anda ingin memilih pintu partisi lipat, Anda harus memperhatikan suasana atau kesan apa yang akan Anda ciptakan dalam ruangan berpintu partisi lipat tersebut. Jangan sampai pintu partisi yang Anda pilih, membuat suasana yang justru berkebalikan dengan suasana yang ingin Anda ciptkan.

Demikian tips memilih pembatas lipat yang dapat Anda jadikan referensi saat Anda akan mengaplikasikan penyekat lipat dalam rumah Anda. Semoga rumah Anda memberikan ketenangan, kenyamanan sehingga berada di dalam rumah seperti berada di dalam surga dunia.