Pingin Ngintip Tren Desain Rumah 2020? Ini Bocorannya Desain Rumah Yang Akan Tren 2020

Semua orang sepakat bahwa dalam dunia desain rumah pun selalu akan berubah dan berkembang sesuai dengan perkembangan peradaban dan kebutuhan manusia. Hal ini tidak jauh berbeda seperti dalam dunia fesyen. Perkembangan itu tidak hanya dari sisi warna, jenis furniture atau aksesorisnya. Perubahan itu bahkan sampai pada bentuk rumah dan elemen eleman pembentuknya.

Kreativitas manusia juga memengaruhi perkembangan yang terjadi. Sementara kreativitas itu sendiri tidak bisa dilepaskan dari situasi dan kondisi yang mendominasi saat itu. Karenanya, pergeseran tema dan jenis serta desain rumah pun tidak bisa dipungkiri adanya.

Jika Anda termasuk orang yang peduli dengan perkembangan dunia arsistektur dan desain interior rumah, berikut ini beberapa tema dan desain rumah yang diprediksi akan nge tren di tahun 2020.

1. Rumah kaca (Glass House)

Rumah kaca yang dimaksud di sini tentu bukan rumah yang semua unsurnya terdiri dari kaca semua. Tetapi rumah yang penggunaan kaca dominan ini yang dimaksud dengan rumah kaca atau glass house.

Rumah ini diprediksi akan menjadi tren di tahun 2020 mengingat semakin kuatnya keinginan manusia untuk mempunyai hunian yang elegan dan nyaman serta menampilkan nilai estetika yang menonjol. Sementara lahan yang tersedia semakin sempit sehingga menusia selalu berpikir bagaimana mendapatkan hunian dengan kriteria tersebut. Salah satu caranya adalah dengan banyak mengaplikasikan kaca pada sebagian besar ruangannya.

Pantulan bayangan kaca yang bisa menjadikan ruangan sempit menjadi lebar dan melegakan inilah salah satu pemicu ide rumah kaca. Di samping itu, rumah akan kelihatan elegan dan mewah juga nampak bersih dan terang.

Penggunaan elemen kaca pada sebagian besar ruangan dipadu dengan warna keramik yang mengikutu tren warna tahun 2020 akan menjadikan rumah kaca ini menjadi hunian yang enak dan menyenangkan, apalagi dengan hadirnya beberapa tanaman indoor di dalam ruangan tersebut.

2. Rumah industri

Material yang diekspos dan dinding yang kelihatan batu bata yang menonjol adalah merupakan salah satu ciri dari rumah bergaya industrial. Pekerjaan yang unfinished tersebut justru menampilkan sisi keindahan dari sebuah rumah bergaya industri. Selain itu penggunaan  penggunaan raw material dan furniture berbahan alumunium / besi juga menjadi ciri khasnya. Dinding pada rumah desain industrial ini juga biasanya tidak dicat dan memiliki tekstur khas yang membuatnya terkesan unik dan vintage.

Keunikan keunikan rumah bergaya industri tersebut yang juga menjadi tren rumah tahun 2020. Rumah yang menampilkan sisi seni yang menonjol ini akan lebih terasa natural dengan kehadiran warna hijau dari tanaman tanaman yang sengaja dihadirkan di dalamnya.

Satu hal lagi yang mungkin bisa menjadi daya tarik Anda untuk membikin rumah bergaya industri, yakni kesan keeleganan dan kemewahan yang bisa Anda ciptakan dengan menghadirkan bingkai pintu dan jendela dari besi dan kaca. Selain dapat menikmati suasana luar ruang dengan pandangan yang luas, ruangan di dalam rumah pun menjadi terang dengan cahaya alami yang masuk, dan sirkulasi udaranya pun baik sekali.

3. Skandinavian

Dominasi warna putih yang cerah dan desain furnitur yang halus dan nyaris tanpa ornamen, pengerjaan dengan detail sempurna dan keanggunan yang bersahaja, adalah karakteristik utama model rumah Scandinavian. Penggunaan batu bata merah dan kayu kayu datar juga menjadi ciri khas utama rumah ini karena selain elegan, penggunaan material tersebut membuatnya terlihat natural dan earthy.

Rumah gaya skandinavian ini menjadi tren di tahun 2020 mengingat tabiat manusia yang ingin kembali ke alam tanpa meninggalkan kesan mewah dan elagan serta modern. Hal ini bisa diperoleh dengan adanya bukaan bukaan yang lebar pada rumah desain skandinavian. Penghuni akan lebih mudah mendapatkan pandangan ke alam dengan adanya bukaan tersebut. Sehingga fungsi rumah benar benar bisa optimal yakni sebagai tempat tinggal yang nyaman dan menyenangkan.

4. Mediteranian

Penyelarasan keadaan alam sekitar dengan bangunan menjadi ciri utama rumah bergaya mediterania. Ciri ini membawa konsekuensi banyaknya bahan-bahan bersifat alami dari alam, seperti material batu alam dan juga tanah liat yang digunakan pada dinding bangunan.

Di Indonesia rumah gaya mediterania banyak terpengaruh oleh peradaban Islam. Hal itu bisa dilihat dari bentuk lengkung pada pintu masuk, jendela, dan serambi. Selain itu, penggunaan batu alam atau plesteran dan atap merah berwarna keramik menjadi salah satu ciri khasnya. Batu alam dan plesteran tersebut selain menjadikan rumah ini terlihat natural juga menjadikannya tahan cuaca ekstrim seperti hujan dan panas terik. Hal hal itu rupanya yang menyebabkan rumah gaya mediterania ini diminati dan diprediksi menjadi rumah yang tren di tahun 2020

5. Garden House

Tingkat polusi udara yang semakin tinggi, pemanasan global yang terus terjadi menjadi keresahan manusia yang tidak bisa dipungkiri. Hal ini memacu manusia berpikir untuk tetap bisa hidup sehat dengan kualitas udara yang baik. Maka didesainlah rumah kebun atau sering disebut garden house. Konsep dasar untuk menghadirkan suasana sejuk dan segar inilah yang mendorong manusia membuat garden house.

Kualitas udara yang baik ini diharapkan mampu menjaga kualitas hidup-pun jadi lebih baik. Konsep rumah kebun cukup baik untuk menunjang kesehatan karena oksigen yang bersih senantiasa tersuplai, aneka tanaman hijau akan melancarkan sirkulasi udara, mengubah karbondioksida menjadi oksigen, serta mendinginkan tanah. Dampak positifnya, suhu disekitar rumah menjadi lebih sejuk. Inilah yang menjadikan garden house menjadi salah satu desain rumah yang bakal nge tren di tahun 2020

Untuk menghadirkan itu semua, dibuatlah ruang ruang yang terbuka. Fungsinya untuk menghubungan kondisi sekitar bangunan dengan ruangan rumah. Selain itu penggunaan tanaman gantung dan tanaman dinding yang hijau menjadi ciri khas rumah dengan desain ini yang menonjolkan kesan asri, segar dan ceria.

Itulah beberapa desain atau tema rumah yang diprediksi bakan nge tren di tahun 2020. Anda mau rumah yang mana? Tentu semua harus disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang ada. Selamat memilih.