rapi bersih dan yaman dalam rumah berdesain interior rumah gaya jepang

Desain interior rumah gaya Jepang saat ini sedang menjadi tren dan banyak orang yang mengaplikasikannya. Salah satu hal yang menarik dan menjadikan desain interior rumah gaya Jepang ini diminati masyarakat adalah kesederhanaan yang ditampilkan mampu memberikan ketenangan dan kedamain, terlebih bagi orang yang tinggal di kota-kota besar. Di samping itu fungsionalitas furniture yang diutamakan menjadikan desain interior rumah gaya Jepang ini semakin diminati.

desain interior rumah gaya jepang 5

Konsep dasar desain interior rumah bergaya Jepang yang mengutamakan kesederhanaan ini sangat cocok diterapkan pada desain rumah minimalis. Konsep ini muncul karena orang-orang Jepang menganggap bahwa keindahan yang sejati itu hanya akan dijumpai dalam kesederhanaan. Nah, karenanya mereka ingin mengaplikasikan kesederhanaan itu dalam seluruh kehidupannya, termasuk dalam membangun rumah.

Jika Anda tertarik untuk menata rumah Anda dengan desain interior rumah gaya Jepang, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri yang menjadi kekhasan rumah dengan desain interior rumah gaya Jepang. Dengan mengetahuinya, Anda akan dapat mengaplikasikan ciri-ciri itu dalam desain interior rumah Anda. Sehingga desain interior rumah gaya Jepang yang sederhana namun asri dan menenangkan akan Anda dapatkan

Pertama, naturalisasi desain interior rumah gaya Jepang

desain interior rumah gaya jepang

Salah satu ciri dari desain interior rumah gaya Jepang adalah kesan natural yang begitu menonjol dalam desain interior rumah gaya Jepang. Kesan natural dari desain interior rumah gaya Jepang ini diciptakan dengan menghadirkan unsur alam dalam rumah. Atau memperbanyak bukaan sehingga ketika berada di dalam rumah seseorang masih dapat dengan leluasa menikmati pemadangan di luar rumah.

Selain dengan bukaan yang lebar kesan natural dalam desain interior rumah gaya Jepang juga dapat diciptakan dengan menghadirkan taman Jepang. Sehingga selain menambah menonjolnya desain interior rumah gaya Jepang Anda, ruangan juga akan lebih asri. Apalagi suara percikan air dari taman tersebut akan menguatkan kesan natural dalam desain interior rumah gaya Jepang Anda. Ketenganpun akan terasa dari suara alam yang masuk ke ruangan rumah Anda.

Kedua, Tersedianya Soaking Tub

soaking

 

Fungsi dari soaking tub ini tidak jauh berbeda dengan bath tub, demikian juga bentuknya. Perbedaannya hanya terletak pada kedalaman bak tersebut. Soaking tub berukuran lebih kecil namun lebih dalam dibanding bathtub biasanya. Anda dapat memilih soaking soda yang sesuai dengan elemen interior yang lain, misalnya masalah warna, dekorasi maupun pernik-pernih yang lain yang Anda hadirkan dimana soaking tub Anda tempatkan.

Ketiga, sliding atau Pintu Geser

desain interior rumah gaya jepang 4

Pintu geser juga menjadi ciri khas dari desain interior rumah gaya Jepang. Pintu geser ini akan dapat menciptakan kesan luas pada desain interior rumah gaya Jepang, juga akan membantu menciptakan kesan natural. Apalagi jika pintu geser tersebut terbuat dari bahan sejenis kaca atau fiber yang memungkinkan orang yang berada di dalam ruangan tetap dapat melihat dan menikmati pemandangan yang ada di luar rumah.

Pintu geser atau sering disebut shoji ini juga akan menjaga sirkulasi udara dalam ruangan sehingga kesegaran dan keasrian ruangan akan tetap terjaga. Apalagi ketika musim panas shoji ini akan berfungsi sebagai penyejuk ruangan. Sebaliknya saat musim dingin tiba, dia akan berfungsi menjadi pengahangat ruangan. Untuk menciptakan kesan artistik dalam shoji biasanya dipasang berbagai desain gambar pada shoji, biasanya gambar bunga sakura, bambu, pemadangan dan sebagainya.

Keempat, elemen kayu dan bambu
desain interior rumah gaya jepang 3

Kehadiran elemen kayu dan bambu dalam desain interior rumah gaya Jepang ini akan membuat harmoni dalam rumah. Kayu memang sangat erat kaitannya dengan kebudayaan Jepang. Biasanya dalam desain interior rumah gaya Jepang dinding, pintu, screen grids serta kusen dibuat dari kayu. Sedangkan bambu biasanya digunakansebagai elemen dekorasi. Perpaduan antara kayu dan bambu ini akan menciptakan keserasian yang memperindah desain interior rumah gaya Jepang

Kelima, adanya Genkan

desain interior rumah gaya jepang genkan

Keberadaan Genkan atau pintu masuk ini hampir wajib dalam desain interior rumah gaya Jepang. Sebuah ruangan yang biasanya digunakan untuk menyambut kehadiran tamu. Di sinilah si tamu melepaskan sepatu atau sandalnya di lemari atau getabako. Dalam genkan ini juga biasanya didesain dengan bahan kayu dengan pencahayaan yang cukup, sehingga meskipun bentuknya ruang yang tidak terlalu luas tetapi kenyamanan tetap diprioritaskan.

Keenam, furniture Lesehan

desain interior rumah gaya jepang 2

Inilah kekhasan rumah dengan desain interior rumah gaya Jepang. Furniture lesehan ini juga menjadi wajib meskipun dengan furniture yang didesain dengan gaya Jepang modern. Tetapi banyak juga yang mempertahankan gaya Jepang ini dengan hanya memasang karpet atau tatami yang disebut washitsu tanpa ada furniture di dalamnya, biasanya hanya disediakan bantal untuk alas duduk dan meja rendah. Sehingga ruangan terlihat rapi dan bersih serta nyaman.

Itulah beberapa ciri dari desain interior rumah gaya Jepang. Jika Anda ingin mengaplikasikan desain inteior rumah gaya Jepang ini dalam rumah Anda sebaiknya Anda memahami hal-hal tersebut sehingga Anda akan mendapatkan desain interior gaya Jepang yang sesuai dengan keinginan Anda.