Roster Beton, Inilah Bentuk dan Fungsinya dalam Rumah

Roster merupakan salah satu elemen bangunan rumah yang sering digunakan. Selain membantu sirkulasi udara dalam ruang rumah, roster juga dapat difungsikan sebagai sarana dekoratif. Dengan demikian meskipun jendela yang ada dalam sebuah rumah tidak mencukupi, kesejukan ruangan dapat terbantu dengan adanya roster.

Bahan dari roster pun bermacam-macam. Ada roster yang terbuat dari campuran semen, pasir dan batu kecil ada pula yang dari kayu. Roster campuran semen, pasir dan batu sering disebut dengan roster beton.

roster beton inilah bentuk dan fungsinya dalam rumah pagar

Jika dibanding dengan rostes yang berbahan lain, roster beton ini mempunyai kekuatan yang lebih. Karenanya, roster beton sering dipasang pada dinding yang membutuhkan kekuatan lebih sebagi penopang elemen di atasnya.

Saat ini desain dari roster beton sudah sangat bervariasi. Hal ini memudahkan Anda untuk memilih roster beton yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena saat ini roster beton tidak hanya berfungsi sebagai pembantu sirkulasi udara atau elemen dekorasi seperti yang disebutkandi atas.

Ada banyak fungsi yang dihadirkan oleh roster beton ini. Mungkin apa yang akan saya tulis ini menjadikan Anda tersentak ketika membacanya. Karena sungguh fungsi roster beton kini sangat meningkat. Marilah kita simak dan lihat fungsi roster beton tersebut.

1. Roster beton berfungsi sebagai pagar

roster beton inilah bentuk dan fungsinya dalam rumah pagar 2

Untuk yang satu ini mungkin Anda sudah familiar. Ya, karena memang dari dulu roster beton yang difungsikan sebagai dinding pagar sudah sering dilihat dan dilakukan. Sehingga fungsi roster beton sebagai dinding pagar bukanlah hal yang mengejutkan dan luar biasa.

2. Roster beton berfungsi sebagai furniture

Apa? Roster beton sebagai furniture? Ya, Anda tidak salah baca. Saat ini fungsi roster beton juga sudah banyak yang digunakan sebagai furnture atau perabot. Jika Anda belum mengaplikasikan roster beton sebagai perabot, Anda dapat mencobanya sekarang.

Anda dapat menggunakan roster beton yang tersisa dari bahan bangunan Anda. Kemudian berimajinasilah dan wujudkan imajinasi Anda tersebut dalam bentuk merubah roster beton menjadi sebuah perabot rumah yang unik, artistik dan menarik.

perabot 4

Anda dapat menjadikan roster beton tersebut sebagai laci atau sekedar elemen dekorasi yang nampang dalam ruang rumah Anda. Letakkan perabot dari roster beton itu pada sisi-sisi atau sudut-sudut rumah yang membutuhkan kesan kuat.

Jangan lupa poles dengan sedikit nilai seni sehingga perabot dari roster beton tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang berada di dalam ruangan di mana perabot dari roster beton itu Anda tempatkan.

3. Roster beton berfungsi sebagai dinding utama

Bentuk roster beton 12

Kelebihan dinding utama yang berbahan roster beton ini akan memperkecil kebutuhan jendela. Di samping itu desain roster beton yang unik dan artistik juga menjadikan ruangan akan nampak menyenangkan untuk dilihat. Apalagi roster beton tersebut diberi sentuhan warna dan gaya natural, wow sungguh ruangan Anda akan menjadi terkesan natural, nyaman dan menyejukkan.

4. Roster beton sebagai fasade depan bangunan
roster beton inilah bentuk dan fungsinya dalam rumah fasade

Fungsi roster beton inipun sebenarnya sudah tidak asing lagi, karena aplikasi roster beton sebagai fasade depan bangunan juga serinng terlihat pada bangunan terutama gedung-gedung bertingkat.

Kehadiran roster beton ini akan mempercantik tampilan bangunan sekaligus memberi nilai seni dan artistik yang unik dan cantik. Kesan mewah dan elegan bangunan pun juga akan tampak dari diaplikasikannya roster beton pada sebuah bangunan.

5. Roster beton berfungsi sebagai pot bunga

pot bunga roster beton

Stop ! Jangan biarkan sisa roster beton Anda begitu Anda selesai membangun sebuah rumah. Mungkin awalnya Anda akan berpikir mau ditempatkan di mana sisa roster beton tersebut. Mau dibuang, terlalu eman. Tapi mau disimpan, dimana ditempatkan.

Ya, tetapi kerisauan Anda dengan sisa roster beton tersebut segera akan hilang ketika Anda berpikir menggunakan sisa roster beton tersebut sebagai bahan untuk menanam bunga. Ya, Anda dapat menjadikan roster beton tersebut sebagai pot, atau bahkan vas bunga dalam sebuah ruangan.

Tentu saja Anda membutuhkan kreativitas sedikit sehingga roster beton tersebut dapat terlihat lebih cantik dan ciamik. Sentuhan warna yang beraneka rupa akan membuat kesan tersendiri pada ruang atau tempat dimana roster beton yang Anda fungsikan sebagai pot bunga itu Anda letakkan.

6. Roster beton berfungsi sebagai meja kursi outdoor

roster beton inilah bentuk dan fungsinya dalam rumah kursi

Nah ini yang asik juga dari fungsi roster beton. Sedikit kreativitas dan sentuhan seni Anda dapat menjadikan roster beton sebagai tempat duduk bersantai di taman atau sekedar di teras rumah. Karakter yang natural dan juga kuat memang sangat cocok menjadikan roster beton ini sebagai meja kursi tempat bersantai dengan keluarga atau tamu di teras atau di dalam taman.

Anda dapat memberi warna sesuai dengan kesukaan Anda. Kemudian memberiknya tambahan bantal dan juga alas yang empuk untuk mempermanis tampilan meja kursi berbahan roster beton tersebut.

7. Roster beton sebagai tungku penghangat

roster beton inilah bentuk dan fungsinya dalam rumah tungku

Terkadang Anda membutuhkan suasana yang hangat. Kehangatan suasana tersebut salah satunya dapat Anda buat dengan membuat atau menyalakan api dalam sebuah tungku. Jika Anda merasa kesulitan mencari tungku penghangat, Anda dapat menggunakan roster beton yang Anda tata.

Letakkan kayu atau apa saja di dalam tungku roster beton tersebut dan nyalakan serta nikmati kehangatan udaranya. Hal ini mungkin dulu pernah Anda lakukan. Anda membuat lubang kemudian memasukkan sampah atau kayu di dalam lubang tadi dan membakarnya sementara Anda berdiri atau duduk di dekat lubang tersebut.

Kini hal itu dapat lebih mudah Anda lakukana. Anda tidak perlu membuat lubang tetapi cukup menata roster beton tersebut menjadi bentuk sesuai dengan keinginan Anda kemudian roster beton pun siap menjadi tungku penghangat ruangan sekitar Anda.

Beberapa fungsi roster beton tersebut membuka cakrawala kita bahwa roster beton yang mempunyai berbagai ragam bentuk dapat Anda fungsikan untuk berbagai keperluan Anda. Berikut ini beberapa contoh bentuk roster beton yang dapat Anda pertimbangkan.

Bentuk roster beton 1 Bentuk roster beton 2 Bentuk roster beton 3 Bentuk roster beton 4 Bentuk roster beton 5