suasana hangat dan akrab dalam konsep rustik desain interior rumah

Pernah melihat rumah yang hampir keseluruhan desainnya kelihatan kasar dan un-finished? Itulah sebuah rumah yang mengaplikasikan konsep rustic dalam desain interior rumahnya. Secara etimologi kata rustic atau rustik berarti sesuatu yang sederhana, tidak artistik dan kasar.Dalam bahasa Indonesia kata rustik berarti berkarat atau tua. Selain itu teksturnya pun terlihat kasar.

Tetapi kesan alami dapat ditonjolkan dalam konsep rustik dalam desain interior rumah.
Sebagai gambaran jika ada sebuah rumah dengan dinding bata yang tidak diaci sehingga batu bata merah menonjol atau dengan warna batuan yang menonjol dalam dinding, berarti konsep rustik diaplikasikan dalam desain interior rumah itu. Demikian bagian bangunan rumah yang lain, seperti atap juga dapat menunjukkan konsep rustik dalam desain interior rumah.

desain interior rumah konsep rustik 5

Bahan-bahan yang menjadi utama dalam rumah dengan desain interior rumah berkonsep rustik antara lain kayu, batu alam, besi tempa, logam, dan bahan alami lain seperti katun, linen, wol, kulit. Kalau Anda membuka kamus bahasa Inggris makna rustic dikaitkan dengan desa atau pedusunan. Sehingga konsep rustik pun lebih menonjolkan warna dan suasana alam desa dengan palet warna coklat ditonjolkan.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, kesan kaku dan tidak ceria pada palet warna coklat. Anda dapat menambahkan atau mengkombinasikan warna palet coklat dengan warna-warna cerah sehingga kesan ceria pun terasa dalam ruangan yang hangat dan penuh dengan suasana keakraban. Di samping memberi kesan ceria, warna cerah juga akan meningkatkan mood ruangan. Dengan demikian ruangan tidak monoton dan keceriaan tetap terjaga.

desain interior rumah konsep rustik 9

Saat ini desain interior rumah dengan konsep rustik ini sangat digemari oleh sebagian orang. Hal ini disebabkan karena konsep rustik dapat diciptakan dengan menggunakan barang-barang bekas, seperti akar kayu dengan bentuk yang artistik, ranting, kaleng bahkan barang-barang antik yang sudah tidak digunakan lagi. Dengan sedikit sentuhan artistik dan imajinasi barang-barang bekas tadi dapat menjadi pemanis dalam rumah yang menggunakan kosep rustik dalam desain interiornya.

Meski Anda mempunyai keleluasaan dalam menambahkan elemen dalam desain interior rumah berkonsep rustik tetapi Anda harus mampu menempatkan elemen tersebut dengan tepat. Jangan sampai ruangan terkesan jorok dan kumuh dengan elemen-elemen interior rumah konsep yang Anda aplikasikan dalam rumah tersebut. Karenanya kecermatan dan perhatian pada estetika konsep rustik secara keseluruhan menjadi hal utama yang harus Anda perhatikan saat akan mengaplikasikan elemen-elemen interior rumah yang menggunakan konsep rustik.

desain interior rumah konsep rustik

Kenapa seseorang memilih konsep rustik dalam desain interior rumahnya? Dorongan seseorang mengaplikasikan konsep atau gaya dalam desain interior rumahnya adalah untuk mendapatkan kesan tertentu dari rumahnya. Demikian juga ketika seseorang ingin mengaplikasikan konsep rustik dalam desain interior rumahnya, pasti ingin menunjukkan kesan tertentu dalam rumahnya. Kesan yang dapat diciptakan dari sebuah desain interior rumah dengan konsep rustik adalah kehangatan dan keakraban.

Jika Anda ingin memadukan konsep rustik ini dengan gaya yang lain, Anda dapat memadukannya dengan gaya modern dan gaya etnik klasik. Misalnya dalam desain gaya etnik klasik yang mewah, bersih dan nyaman dapat Anda tambahkan di dalamnya elemen-elemen konsep rustik, misalnya Anda menghadirkan ranting kayu yang unik dan alami yang Anda letakkan bersama vas bunga. Sehingga kesan estetik dari vas bunga akan semakin menonjol dengan kehadiran elemen konsep rustik tersebut.