Teduh, Tenang dan Nyaman dalam Desain Interior Bergaya Tropis

Salah satu gaya desain interior rumah yang sering dijumpai di Indonesia adalah desain interior gaya tropis. Hal ini dapat dimengerti karena iklim tropis di Indonesia sangat pas untuk rumah dengan desain interior gaya tropis. Selain itu, desain interior bergaya tropis ini juga mampu memberi kenyamanan dan ketenangan serta keteduhan bagi pemiliknya.

bukaan dalam desain interior gaya tropis

Bukaan yang lebar yang menjadi ciri khas gaya tropis ini menjamin sirkulasi udara dan cahaya alami. Selain bukaan, teras yang lebar menjadi ciri lain dari rumah bergaya tropis. Untuk desain interior rumah bergaya tropis, beberapa hal di bawah ini dapat Anda jadikan panduan.

Pemilihan Warna

furniture-dalam-desain-interior-bergaya-tropis

Hal yang biasanya didambakan oleh orang yang menginginkan gaya tropis dalam desain interiornya adalah kenyamanan, keteduhan dan kelapangan. Untuk itu, pemilihan warna hendaknya yang mampu memberi kesan tersebut. Beberapa warna yang dapat Anda pilih untuk desain interior gaya tropis adalah warna-warna netral, seperti putih, krem, biru muda, biru lembut, hijau.

Warna-warna tersebut tidak harus diaplikasikan dalam sebuah dinding. Furniture seperti sofa, kursi, meja, almari dan lain-lain bisa ada beri warna dengan warna-warna tersebut. Tentu saja keseimbangan dan keutuhan desain interior perlu Anda perhatikan.

Pemilihan Material

Desain-Interior-Rumah-Minimalis-Type-36-3

Untuk mendukung gaya tropis, material-material yang menonjolkan kesan natural dapat Anda aplikasikan dalam ruangan dengan desain interior bergaya tropis. Batu alam pada sebagian dinding, penggunaan material kayu pada sebagain elemen interior akan membantu memberi kesan natural.

Bahan bambu atau rotan juga dapat Anda jadikan alternatif dalam desain interior bergaya tropis. Selian memberi kesan natural kedua bahan tersebut akan memberi suasana hangat dan teduh. Variasi berbagai macam furniture berbahan bambu dan rotanpun kini semakin beragam. Hal itu mempermudah Anda memilih furniture yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tanaman dalam Ruang

kamar-tidur-bergaya-tropis

Keasrian rumah dengan desain interior bergaya tropis dapat Anda munculkan dengan tanaman dalam ruangan rumah Anda. Warna hijau daun yang ada dalam ruangan menjadikan ruangan menjadi lebih fresh dan menyejukkan. Meskipun demikian, Anda harus cermat dalam memilih tanaman yang sesuai dengan luas ruangan Anda.

Jika rumah Anda termasuk rumah minimalis, Anda dapat membuat tanaman yang Anda taruh dalam botol-botol kaca. Sehingga kesan hijau masih dapat Anda rasakan. Pilihan lain adalah Anda dapat menggantungkan bunga-bunga plastik jika memang ruangan Anda tidak memungkinkan untuk tanama alami.

Tempatkan Akuarium
akuarium-dalam-desain-interior-gaya-tropis

Elemen lain yang dapat Anda hadirkan untuk mendapatkan kesan natural dalam desain interior bergaya tropis adalah akuarium. Kehadiran akuarium dengan suara gemericik air akan memberi nuansa damai dalam diri Anda atau siapapun yang berada dalam ruangan Anda. Kelelalahan mata juga dapat terkurangi dengan memandang gerakan lembut ikan-ikan yang ada di dalamnya.

Sehingga selain kedamaian yang Anda dapatkan, estetika karena perpaduan akuarium dengan selemen interior rumah yang seimbang dan utuh juga terasa dalam ruangan tersebut. Bahkan kehadiran akuarium dalam rumah ini dapat Anda gunakan untuk mengurangi  kepenatan setelah seharian bekerja di luar rumah.

Pemilihan Elemen Dekorasi

elemen-dekorasi-desain-interior-brrgaya-tropis

Untuk memperkuat estetika ruangan, Anda dapat mendekorasi ruangan dengan berbagai elemen dekorasi, seperti lukisan. Suasana tropis dapat Anda hadirkan dengan elemen dekorasi bermotif bunga, daun atau sekedar pajangan lukisan atau foto saat Anda dan keluarga sedang menikmati liburan.

Selain itu Anda dapat menaruh objek berbentuk kerang atau biota laut, vas berdesain kontemporer atau pot besar yang diisi dedaunan lebar pada ruangan Anda.