Tidak Hanya Indah, Desain Interior Kamar Tidur Juga Harus Nyaman

Desain interior kamar tidur adalah ekstensi penting dalam membangun desain rumah karena kamar tidur merupakan bagian yang paling utama. Kamar tidur merupakan tempat beristirahat dan tempat memulai aktivitas di pagi hari. Penataan tempat tidur yang pas akan membuat istirahat lebih tenang, sehingga Anda bisa bangun dalam keadaan segar keesokan harinya.

desain interior kamar tidur yang nyaman modern

Desain yang indah dan menarik saja tidak cukup untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman. Oleh karena itu, Anda juga harus memperhatikan setiap detail desain interior kamar tidur Anda. Beberapa langkah yang harus Anda terapkan untuk menciptakan desain interior kamar tidur yang nyaman antara lain:

Pilih Tema Desain Interior Kamar Tidur Anda

desain interior kamar tidur yang nyaman klasik

Langkah awal untuk membuat desain interior kamar tidur adalah menentukan tema yang diinginkan. Penentuan tema sebelum menata ulang kamar tidur akan membuat kamar tidur terlihat lebih manis dan serasi.

Jenis tema yang paling mudah diaplikasikan adalah tema warna. Untuk menerapkannya, Anda hanya perlu memilih furniture dengan warna senada. Jangan lupa menambahkan beberapa aksen warna menggunakan lukisan atau hiasan dinding lainnya agar ruangan lebih hidup.

desain interior kamar tidur yang nyaman

Selain penggunaan tema warna, Anda juga bisa memilih tema black and white, vintage atau back to nature. Tema dengan karakter kartun juga bisa menjadi pilihan desain interior kamar tidur untuk anak sehingga anak lebih betah dan nyaman berada di kamarnya

Tata Letak Ranjang

tata letak ranjang

Tata letak ranjang sangat menentukan kesan yang ada pada ruangan. Penempatan ranjang yang salah akan membuat kamar terlihat sempit dan sesak. Sebaliknya, penempatan ranjang yang tepat akan membuat ruangan terlihat lebih menarik, luas dan elegan.

Jika Anda menginginkan desain interior kamar tidur yang minimalis, Anda harus meletakkan ranjang di salah satu sudut ruangan dengan posisi menempel pada sisi tembok. Posisi seperti ini akan memudahkan Anda menata furniture lainnya sehingga ukuran sempit tidak akan mempengaruhi desain interior yang Anda ciptakan.

tata letak desain interior kamar tidur yang nyaman 2

Agar tidur lebih nyaman, sebaiknya letakkan ranjang di sisi yang jauh dari jendela. Posisi tempat tidur seperti ini akan membuat Anda mendapatkan cahaya cukup, tidak teralu silau saat pagi hari namun juga tidak terlalu temaram saat senja.

Selain penataan ranjang, ukuran ranjang yang digunakan juga harus diperhatikan. Jika Anda masih single sebaiknya gunakan ranjang berukuran kecil saja. Pilihan lainnya adalah menggunakan kasur springbad tanpa ranjang sehingga ruangan terlihat lebih longgar.

Pemilihan Warna Cat Tembok yang Tepat

warna soft desain interior kamar tidur yang nyaman

Warna soft adalah warna paling cocok untuk menciptakan suasana kamar yang nyaman. Penggunaan warna cerah pada kamar tidur akan memantulkan cahaya sehingga mempengaruhi kualitas tidur Anda. Oleh karena itu, pilihlah warna lembut untuk diaplikasikan pada dinding kamar.

Jika memang ingin menggunakan warna cerah, sebaiknya gunakan warna yang tidak terlalu memantulkan cahaya seperti pink, biru langit atau ungu muda. Agar tak tekesan monoton, Anda juga bisa menggunakan desain interior kamar tidur dengan wallpaper.

wallpaper aksen kamar tidur

 

Cara pemberian aksen ruangan dengan wallpaper seperti ini jauh lebih aman jika dibandingkan dengan permainan aksen menggunakan warna-warni cat yang mencolok.

Tata Letak Furniture dalam Desain Interior Kamar Tidur
tata letak ranjang desain interior kamar tidur yang nyaman

Hal lain yang harus juga harus diperhatikan dalam membangun sebuah desain interior kamar tidur adalah tata letak furniture. Tata letak furnite yang tepat akan menciptakan ruangan yang rapi dan terkesan luas. Sebagai tipsnya, hanya letakkan furniture yang benar-benar diperlukan seperti tempat tidur, lemari dan sebuah rak kecil untuk mengorganizir barang koleksi Anda.

Jika kamar yang sedang didesain adalah kamar anak perempuan, jangan lupa meletakkan sebuah meja rias minimalis. Jika kamar terlalu sempit, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan lemari pakaian yang sudah jadi satu dengan meja riasnya. Selain itu, lemari pakaian dengan pintu geser juga akan membantu Anda menghemat space pada kamar berukuran sempit.

Hiasan untuk Mempercantik Desain Interior Kamar Tidur

dekorasi kamar tidur

Untuk menciptakan desain kamar tidur yang elegan, hiasan sangatlah diperlukan. Hiasan yang paling umum digunakan untuk desain interior kamar tidur adalah lampu tidur. Bagi Anda yang menginginkan gaya vintage, pilihlah lampu tidur dengan aksen kayu atau berwarna coklat natural. Namun, bagi Anda yang menyukai suasana mewah, pilihan warna putih akan sangat sesuai untuk kamar Anda.

Selain lampu tidur, sebuah karpet bulu juga akan memberikan keindahan tersendiri bagi kamar tidur Anda. Karpet bulu dapat Anda letakkan di samping ranjang sebagai tempat bersantai yang dilengkapi dengan meja kecil. Agar lebih menyatu dengan desain interior kamar tidur, pilahlah karpet bulu yang memiliki warna senada dengan warna dominan yang ada di ruangan.

dekorasi kamar tidur 2

Jika desain interior kamar tidur ditujukan untuk wanita, penambahan gorden warna cerah pada jendela atau tirai mainan pada pintu masuk akan semakin memperindah ruangan. Desain interior kamar tidur untuk wanita seperti ini akan memberikan kesan feminim, hangat dan juga ceria.

Selain menerapkan tips desain interior kamar tidur di atas, menjaga kebersihan kamar juga perlu dilakukan agar kamar tetap nyaman. Oleh karena itu, bersihkan kamar tidur Anda paling tidak dua kali sehari. Mengggunakan sprei dan bantal berkualitas juga tak kalah pentingnya untuk membuat kamar tidur menjadi nyaman dan indah.