Tips Desain Kamar Tidur Utama, Indah nan Mempesona

Setiap ruang dalam sebuah rumah memiliki kekhasan fungsi tersendiri. Inilah yang mendasari dibuatnya ruang-ruang dalam setiap rumah. Kekhususan fungsi itu terkadang membutuhkan privasi yang berbeda-beda.

Salah satu ruang yang mempunyai privasi tinggi dalam setiap rumah adalah kamar tidur utama. Tidak setiap orang bisa bebas memasuki kamar tidur utama, sekalipun anak atau anggota keluarga sendiri.

Desain Kamar Tidur Utama Nyaman dan Mempesona 2

Privasi yang tinggi inilah yang menjadikan kamar tidur utama menjadi terkesan pribadi. Sehingga kesan desain kamar tidur utama pun sangat terikat dengan kepribadian orang yang menempati kamar tidur utama tersebut.

Memang menjadi impian setiap orang memiliki kamar tidur utama yang nyaman. Tetapi karena memang tingkat ekonomi dan kemampuan seseorang berbeda-beda berakibat tidak setiap keinginan manusia tersebut semua dapat terpenuhi.

Desain Kamar Tidur Utama Nyaman dan Mempesona 7

Namun, seberapapun kemampuan Anda, kamar tidur utama selalu dapat Anda hadirkan kenyamanan dan keindahannya jikan Anda mengetahui menata desain interior kamar tidur utama Anda. Karena sesungguhnya kenyamanan dan keindahan sebuah desain kamar tidur utam tidak selalu ditentukan oleh luas serta banyak tidaknya furniture yang ada di dalamnya.

Di bawah ini akan diberikan tips menata desain kamar tidur utama untuk mendapatkan suasana seperti yang Anda harapkan. Tentu saja karena setiap pribadi kita berbeda, Anda dapat mengaplikasikan tips mana yang sesuai dengan mana yang harus Anda modifikasi lagi.

Tentukan Letak Kamar Tidur Utama Anda

Desain Kamar Tidur Utama Nyaman dan Mempesona

Kamar tidur utama biasanya kamar tidur yang paling luas dalam sebuah rumah. Meskipun demikian biasanya kamar tidur utama ini hanya diisi oleh 2 orang, yakni suami-istri. Peletakan dari kamar tidur utama biasanya bersebelahan dengan kamar tamu, hanya akses pintu masuk kamar berasal dari dalam ruang keluarga.

Pilihlah Perabot yang Benar-Benar Diperlukan

Desain Kamar Tidur Utama Nyaman dan Mempesona 4

Poin ini mengharuskan kita mengetahui aktivitas apa saja yang sering dilakukan di dalam kamar tidur utama. Inilah salah satu yang membedakan kenapa masing-masing desain interior kamar tidur yang satu berbeda dengan kamar tidur yang lain. Demikian pula kebutuhan perabotnya pun tentu menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Penerapan Warna yang Lembut

Dekorasi-Kamar-Tidur-Romantis-Dengan-Cat-Warna-Merah-1

Pemilihan warna dalam desain kamar tidur utama ini tentu saja tidak mengikat. Semua tergantung dengan suasana apa yang ingin Anda ciptakan. Jika Anda menginginkan kesan romantis, warna lembut mungkin sangat pas untuk desain kamar tidur utama Anda.

Tetapi jika Anda menginginkan kesan yang lebih berani, menantang namun terkesan elegan, Anda dapat mengaplikasikan warna hitam putih atau warna monokrom. Warna merah yang Anda kombinasikan dengan warna putih dan warna kuning keemasan juga akan memberi nuansa romatis dan elegan pada tampilan desain kamar tamu utama.

Penetapan Tema
Desain Kamar Tidur Utama Nyaman dan Mempesona 3

Sebuah tampilan yang baik dari sebuah desain kamar tidur utama, bermula dari konsep yang telah dipikirkan sebelumnya. Karenanya, sebelum Anda mendesain kamar tidur utama Anda, pilihlah tema yang akan Anda usung.

Tema inilah yang menjadi ruh untuk pemilihan elemen desain kamar tidur utama Anda. Dengan tema yang sudah Anda tentukan arah kerja dari desain kamar tidur utama Anda akan lebih terjaga. Sebaliknya jika tema tidak Anda tentukan sebelumnya, bisa jadi desain kamar tidur utama yang Anda kerjakan menjadi tidak tertata dan terkesan semrawut hasilnya.

Pemilihan Lampu dan Pencahayaan

Desain Kamar Tidur Utama Nyaman dan Mempesona 8

Idealnya dalam sebuah kamar tidur utama minimal ada dua jenis pencahayaan, yakni pencahayaan untuk tidur dan pencahayaan untuk aktivitas sebelum tidur. Warna dan jenis serta bentuk lampu sangat tergantung dengan kesan yang akan Anda munculkan.

Untuk menciptakan kesan-kesan tertentu ada baiknya Anda aplikasikan lampu yang menempel di dinding kamar tidur dan memberi sorot ke arah tertentu seperti yang Anda harapkan.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda jadikan referensi ketika Anda akan menata desain kamar tidur utama. Dengan kemauan dan kreasi serta imajinasi Anda, yakinlah Anda mampu menghadirkan kamar tidur utama yang nyaman dan menyenangkan.