tips desain teras rumah menciptakan keutuhan desain interior rumah

Teras rumah kita merupakan salah satu bagian yang akan dilihat pertama kali oleh tamu kita. Teras rumah juga menjadi perwajahan dari rumah kita. Selain itu teras juga menjadi tempat sosial tempat untuk berkomunikasi dengan tetangga, menonton anak-anak saat mereka bermain di halaman depan.

Teras rumah juga sering dipergunakan untuk bersantai bersama keluarga di luar rumah, dan juga tempat berteduh di luar rumah. Karenanya, mendesain teras rumah menjadi satu hal yang harus Anda perhatikan benar-benar. Apalagi jika teras rumah menjadi salah satu tempat transisi orang-orang yang spesial bagi Anda menuju ruang dalam rumah Anda.

desain teras rumah

Untuk membuat desain teras rumah, hal-hal berikut perlua Anda perhatikan:

Pertama, Konsep Desain Teras Rumah

Selalu ini yang harus Anda pertimbangkan paling awal. Karena konsep desain teras rumah yang Anda buat dapat Anda jadikan sebagai pegangan dan dasar dalam menata teras rumah Anda untuk menciptakan kesatuhan dalam keseluruhan desain interior rumah. Apakah Anda akan memilih konsep dan gaya minimalis, futuristik, atau pun yang lainnya.

Tetapi harus diingat dalam menentukan konsep ini Anda juga harus memperhatikan luas teras rumah Anda. Teras rumah dapat dijadikan sebagai ruang transisi sebelum Anda ataupun tamu Anda masuk ke rumah Anda. Karenanya, kesesuaian desain antara desain teras rumah dan ruang tamu perlu diselaraskan.

Kedua, Pemilihan Bahan Desain Teras Rumah

Dalam memilih bahan desain teras rumah, selain kesesuaian antara teras rumah dan ruang tamu hendaknya juga tetap memperhatikan estetika. Estetika yang muncul di teras rumah ini akan menjadikan pandangan mata seseorang menjadi terasa teduh dan nyaman. Sehingga kesan damai akan muncul dalam hati seseorang dalam menikmati desain interior rumah.

Anda dapat memilih keramik ataupun batu alam untuk lantai teras rumah Anda. Penambahan ornamen pada sisi teras rumah Anda dapat dipertimbangkan. Kalau tidak dengan ornamen, Anda dapat menambahkan sebuah lukisan yang menempel di sisi dinding teras rumah Anda. Peletakan tanaman hias dalam pot selain akan menambah artistik tera rumah Anda juga akan menciptakan kesan teduh dan natural pada teras rumah Anda.

Ketiga, Pemilihan Furniture

Hal yang tak kalah penting, yang harus Anda perhatikan dalam menata teras rumah Anda adalah pemilihan furniture untuk teras rumah Anda. Pemilihan furniture teras yang dapat bertahan lama dengan tetap menjaga kualitas furniture patut Anda pertimbangkan sehingga desain teras rumah yang Anda lakukan dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Untuk memilih furniture yang tepat untuk desain teras rumah, Anda harus memperhatikan luas teras. Janganlah memilih furniture yang besar untuk teras rumah dengan ukuran sempit. Desain furniture yang minimalis tetapi yang multifungsi akan sangat tepat menjadi pilihan dari sebuah teras rumah dengan ukuran sempit.

Selain itu pemilihan furniture dengan bahan yang berkualitas baik hendaknya juga Anda pertimbangkan. Ini menjadi penting mengingat, furniture rumah berada di luar dan terbuka. Hal ini menjadikan furniture teras rumah berhubungan dengan kondisi cuaca secara langsung. Panas dan dingin akan sangat mempengaruhi awet tidaknya furniture teras rumah Anda.

Mungkin Anda berpikir untuk menekan biaya tetapi jika kualitas bahan furniture terasa rumah tersebut tidak Anda perhatikan, bisa jadi biaya yang harus Anda akan keluarkan menjadi besar karena Anda harus sering mengganti furniture tersebut. Anda dapat memilih furniture teras rumah berbahan kayu jati.

Atau jika Anda menghendaki, Anda dapat memilih furniture teras rumah yang berbahan logam atau besi bahkan yang berbahan plastik pun dapat Anda pertimbangkan. Nah, setelah pemilihan Anda lakukan bahkan furniture tersebut sudah Anda letakkan di teras rumah Anda, hal lain yang harus Anda lakukan adalah perawatan terhadap furniture tersebut.

Anda harus pahami bahwa furniture teras rumah Anda itu berhubungan secara langsung dengan kondisi cuaca yang suatu ketika bisa sangat ekstrim. Sehingga tidak menutup kemungkinan furniture teras rumah Anda akan berkarat, lapuk dan sebagainya. Karenanya, untuk menjaga keawetan furniture tersebut perawatan harus Anda perhatikan. Anda dapat menanyakan hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan untuk merawat furniture tersebut kepada penjual furniture di mana Anda membelinya.