Tips Membuat Inner Court yang Indah, Nyaman dan Asri

Banyak usaha yang dilakukan seseorang untuk membuat huniannya nyaman dan menyenangkan. Salah satunya dengan menghubungkan suasana luar ke dalam rumah sehingga rumah menjadi hijau dan menyegarkan. Usaha itu dilakukan dengan membuat taman dalam ruang ada juga yang membuat inner court.

innercourt dengan kolam

Inner court hampir sama dengan taman dalam rumah. Perbedaanya hanyalah adanya atap pada inner court sementara pada taman dalam rumah tidak mesti ada atap meskipun ada juga inner court yang tidak beratap. Inner Court merupakan ruang terbuka yang ada dalam ruangan. Keberadaan inner court ini tentu saja sangat penting.

Beberapa fungsi dari inner court antara lain:

Pertama, menjadi sarana untuk mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang alami. Poin pertama ini selain akan menyegarkan ruangan juga akan menjadikan ruangan tetap terang. Efeknya akan mengurangi juga beban biaya untuk penggunaan listrik ataupun AC.

innercourt stone

Kedua, adanya inner court juga akan memberi kesan luas pada sebuah rumah. Kelegaan akan terasa dan kelembaban ruangan dapat dihindari. Dengan demikian suasana rumah menjadi akan lebih nyaman dan melegakan juga menyenangkan.

Ketiga, inner court juga dapat dijadikan sebagai meeting point (tempat berkumpul) yang nyaman bagi seluruh penghuni rumah. Sehingga suasana akrab dapat dirasakan oleh anggota keluarga. Keakraban dalam sebuah keluarga akan menjadikan hubungan antar anggota keluarga menjadi lebih baik.

inner court gemericik air

Selain ketiga hal tersebut di atas, inner court juga dapat menciptakan inner beauty rumah. Rumah akan memancarkan keindahan, kesegaran dan kenyamanan bagi siapa saja yang berada di dalamnya.

Tips Menghadirkan Inner Court Dalam sebuah Rumah

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips berikur ketika Anda ingin membuat inner court.

Pemilihan Tanaman

inner court 2

Yang patut diperhatikan dalam membuat inner court adalah tanaman. Karenanya, pemilihan tanaman harus Anda lakukan. Jangan menempatkan tanaman di dalam inner court terlalu banyak. Banyaknya tanaman dalam inner court belum tentu membuat inner court Anda berfungsi maksimal.

Pilihlah tanaman indoor yang sesuai dengan ruangan yang akan Anda buat inner court. Pilihlah tanaman yang tidak terlalu banyak membutuhkan air maupun cahaya matahari. Sehingga inner court yang Anda buat tidak menyibukkan Anda dalam perawatannya.

Pemilihan Posisi
inner court 3

Menempatkan inner court pada tempat yang memang membutuhkan sirkulasi dan pencahayaan alami yang cukup merupakan gagasan yang baik. Anda dapat menempatkan inner court di ruang keluarga, ruang makan atau belakang rumah. Semuanya tentu saja dengan melihat kepentingan dan keseimbangan rumah.

Pertimbangkan Kebutuhan Atap

innercourt8

Atap inner court merupakan hal yang membedakan dengan taman dalam rumah. Anda dapat mempertimbangkan akan menggunakan atap permanen atau buka tutup. Masing-masing jenis atap tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Atap permanen lebih memudahkan Anda dalam perawatan, karena sekali pasang, Anda tidak perlu khawatir akan mengganggu bagian atap rumah, seperti genting dan sebagainya. Tetapi, jika Anda memilih atap yang buka tutup, memang akan lebih merepotkan Anda, karena pasti ada gesekan antara atap buka tutup tadi dengan genting rumah.
Namun, kelebihan dari atap buka tutup adalah terjaganya sirkulasi udara dan cahaya alami. Selain itu, Anda bisa mengatur kapan udara dan cahaya luar masuk ke dalam rumah dan kapan udara luar tidak boleh masuk ke ruangan rumah.

Pemilihan Dekorasi yang Tepat

inner court 5

Dekorasi yang tepat akan menambah estetika inner court yang Anda hadirkan. Dekorasi yang tepat bukanlah dekorasi yang mahal atau beraneka ragam. Yang penting Anda harus memperhatikan keseimbangan, baik dalam bentuk maupun warna dan kesan yang akan Anda munculkan dalan inner court.

Pertimbangkan Kehadiran Kolam

inner court 4

Anda ingin suara gemericik air dalam rumah? Salah satu cara yang dapat Anda usahakan adalah dengan menempatkan kolam pada inner court yang akan Anda buat. Warna warni ikan juga akan memberi ketenangan tersendiri pada siapa pun yang ada dalam rumah tersebut.

Namun, harus tetap Anda pertimbangkan dari sisi pemeliharaan dan perawatannya. Apakah Anda mampu merawat kolam tersebut atau Anda akan merasa kerepotan dan enggan untuk merawatnya. Artinya, Anda harus benar-benar mempertimbangkan ketika akan menghadirkan kolam dalam inner court dalam rumah Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menciptakan kenyamanan dan keindahan ruang rumah Anda dengan inner court.