tips memilih furniture untuk desain interior rumah

Berbicara masalah desain interior rumah tidak dapat dipisahkan dengan furniture. Ya, karena furniture merupakan elemen yang pasti ada dalam desain interior rumah. Pemilihan dan penempatan furniture menjadi indikasi keberhasilan seseorang dalam menata ruang-ruang dalam rumahnya.

Karenanya mengenali dan mengetahui furniture yang bagaimana yang pas untuk sebuah ruangan dalam desain rumah minimalis mapun maksimalis sangatlah diperlukan. Selain hal itu akan menekan anggaran ketepatan dalam memilih furniture untuk desain interior rumah, juga akan menciptakan kenyamanan dan kepuasan tersendiri pada pemilik rumah bahkan siapapun yang masuk dalam rumah tersebut.

Tips Memilih Furniture untuk Desain Interior Rumah 6

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda membeli furniture untuk desain interior rumah Anda.

Pertama, Sesuaikan Furniture dengan Konsep Tema Desain Interior Rumah Anda.

Hal ini dapat dipahami karena pada hakikatnya semua elemen yang akan Anda hadirkan dalam sebuah rumah hendaknya mendukung konsep yang akan Anda usung. Jika Anda ingin mengusung konsep klasik tentu furniture yang kita pilih adalah furniture dengan gaya klasik.

Jika konsep yang akan Anda aplikasikan dalam desain interior rumah adalah konsep minimalis, tentu furniture  tempatkan adalah furniture yang mendukung konsep itu. Jadi konsep dan tema harus Anda tentukan lebih dahulu sebelum Anda berpayah-payah membeli dan menempatkan sebuah furniture dalam desain interior rumah Anda.

Tips Memilih Furniture untuk Desain Interior Rumah 11
Kedua, Pilihlah Furniture Dasar.

Apa yang dimaksud dengan furniture dasar? Furniture dasar merupakan furniture yang cocok untuk berbagai macam konsep dan tema. Lalu mengapa kita perlu memilih furniture dasar? Salah satu pertimbangannya adalah menghemat biaya. Karena jika pada suatu saat Anda akan mengganti tema dan konsep dari desain interior rumah,  furniture yang baru tidak harus Anda beli.

Ketiga, Kenali Fungsi Ruangan dan Furniture yang Dibutuhkan.

Ini penting sebab masing-masing ruang dalam rumah Anda mempunyai fungsi yang berbeda-beda, meskipun pada beberapa kasus ada sebuah ruangan yang mempunyai fungsi ganda. Namun, tetap saja Anda harus mengenalinya. Jangan sampai nanti furniture yang Anda tempatkan di sebuah ruang dalam desain interior rumah Anda tidak atau kurang optimal fungsinya.

Sehingga di samping akan memubadzirkan keberadaan furniture tersebut juga akan menambah sempit sebuah ruangan. Karenanya, kenali fungsi ruangan sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan menempatkan sebuah furniture dalam ruangan tersebut agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Tips Memilih Furniture untuk Desain Interior Rumah13
Keempat, Kenali Luas Ruangan.

Pernahkan Anda merasakan sumpek dalam ruangan yang sebenarnya luas? Saya yakin Anda pernah merasakahnya. Salah satu sebabnya adalah pemilik rumah tidak mengenali luas ruangan tersebut sementara keinginan untuk menaruh furniture kesukaanya tidak dapat dibendung.

Nah, tentu Anda tidak menginginkan hal itu terjadi pada desain interior rumah Anda. Pasti Anda menginginkan kehadiran furniture dalam sebuah ruangan akan menambah keindahan dan kenyamanan orang yang berada dalam ruangan tersebut. Jika memang demikian, stop menaruh dan meletakkan furniture yang tidap proposional dalam sebuah ruangan.

Jika Anda ingin membeli dan menempatkan furniture, Anda harus melihat luas ruangan kemudian memilih furniture yang sesuai dengan luas ruangan tersebut. Jika tidak sekali lagi Anda atau pun siapa saja yang berada di tempat itu akan merasa berada di sebuah ruangan yang sesak, sempit bahkan bisa jadi merasa seperti di dalam gudang furniture karena banyak dan tidak proporsionalnya furniture yang ada dalam ruangan tersebut.

Tips Memilih Furniture untuk Desain Interior Rumah 10

Desain interior rumah merupakan satu kesatuan yang padu. Tidak boleh ada satu elemen yang mencolok, yang merusak kepaduan tersebut. Kecuali memang dengan mencoloknya elemen itu Anda ingin menjadikannya sebagai focal point atau eye catching. Artinya, kemencolokan sebuah elemen dalam desain interior rumah memang sengaja dimunculkan.

Meskipun demikian harus tetap memperhatikan kesatuan, kepaduan serta keartistikan elemen tersebut dalam ruangan itu. Karenanya, dalam memilih furniture usahan warnanya sejalan dengan warna yang ada dalam ruangan tersebut, sehingga hal itu akan memperkuat fungsi dan juga keindahan sebuah ruangan.