tips memilih shower yang sesuai dengan desain interior kamar mandi

Kamar mandi salah satu bagian dari ruang dalam sebuah rumah. Desain interior kamar mandi yang ditata apik akan menjadikan penggunanya nyaman dan merasakan kesegaran ketika berada di kamar mandi. Kenyaman sebuah kamar mandi selain ditentukan oleh tema yang diaplikasikan juga ditentukan oleh elemen yang digunakan dalam kamar mandi tersebut. Hal-hal penting lainnya dalam desain interior kamar mandi juga perlu mendapat perhatian.

Salah satu elemen yang ada dalam desain interior kamar mandi adalah shower. Shower merupakan salah satu perangkat kamar mandi yang populer digunakan, khususnya pada kamar mandi dengan luas terbatas. Sebagai salah satu perangkat kamar mandi, shower digunakan selain karena praktis, pemasangan shower dapat menghemat tempat karena biasanya tertanam di dinding atau plafon.

shower untuk desain interior kamar mandi 2

Keuntungan lain dari pengunaan shower dalam desain interior kamar mandi adalah menghemat pemakaian air. Anda dapat menghemat penggunaan air sampai 50 % jika dibanding dengan kamar mandi yang menggunakan bak mandi. Penghematan air ini tentu saja akan menghemat biaya, apalagi jika sumber air rumah Anda harus membeli.

Ketika Anda ingin menggunakan shower dalam desain interior kamar mandi Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pemilihan shower yang tanpa mempertimbangkan hal-hal berikut akan menyebabkan kenyamanan kamar mandi Anda akan jauh dari apa yang Anda harapkan. Simak lalu aplikasikan hal-hal berikut dalam kamar mandi Anda

Pertama, bentuk shower

shower untuk desain interior kamar mandi 3

Saat ini tersedia shower dengan berbagai bentuk dan ukuran di toko-toko bangunan di sekitar Anda. Hal ini tentu saja memudahkan Anda dalam mencari shower yang sesuai dengan desain interior kamar mandi Anda. Ada shower yang tertanam di dinding atau plafon ada juga yang lebih fleksibel, yang dapat Anda gerakkan sesuai keinginan Anda.

Jika Anda menggunakan built in shower atau shower yang instalasinya tertanam di dinding atau plafon, Anda tidak mempunyai keleluasaan menyemprotkan air ke bagian tubuh Anda. Namun jika tipe hand shower yang Anda pilih, Anda dapat menggerakkan shower kemana pun sesuai dengan yang Anda kehendaki.

Salah satu hal yang harus Anda pastikan ketika bentuk hand shower yang Anda gunakan, ketinggian dari penyangga shower. Pastikan penyangga shower tersebut dapat dijangkau oleh siapapun yang menggunakan kamar mandi tersebut. Tinggi yang disarankan berkisar antara 190 cm hingga 200 cm.

Kedua, kekuatan pancaran air shower

shower untuk desain interior kamar mandi 10

Ini perlu Anda perhatikan. Beberapa shower mempunyai kekuatan pancaran air shower yang berbeda-beda. Anda perlu memilih shower dengan pancaran atau semprotan air shower sesuai yang Anda kehendaki. Jangan sampai ketika Anda menggunakan shower di kamar mandi Anda, justru Anda tidak merasakan kenyamanan.

Ada banyak macam shower dengan kekuatan dan pola pancar air shower yang berbeda-beda. Ada yang mempunyai percikan air seperti jarum, semprotan yang halus serta semprotan keras. Jika Anda termasuk orang yang suka berlama-lama dalam kamar mandi, shower dengan semprotan yang halus cocok Anda gunakan.

Sebaliknya jika Anda termasuk orang yang tidak suka berlama-lama dalam kamar mandi jangan menggunakan shower dengan semprotan deras. Pemilihan shower dengan mempertimbangkan kekuatan semprotan air ini salah satu hal yang mendasarinya adalah penghematan penggunaan air. Karenanya, pahami dulu kebiasaan mandi Anda.

Ketiga, pengaturan suhu

shower untuk desain interior kamar mandi 8

Hal ini terkait dengan cuaca yang sering tidak menentu. Jika suatu ketika cuaca sangat dingin sementara Anda harus mandi tentu air hangat sangat Anda butuhkan. Sebaliknya cuaca yang panas dan gerah, tentu air dingin sangat pas untuk mandi. Karenanya dalam memilih shower lengkapi shower Anda dengan thermostat.

Sehingga suhu air dapat Anda sesuaikan menurut kebutuhan. Apabila menggunakan shower ini sebaiknya pilih yang bagian thermostatnya dilengkapi material penghambat panas, hal ini bertujuan supaya kulit tak melepuh ketika menyentuh termostat tersebut. Karena sering tanpa sengaja seseorang menyentuh bagian thermosta tersebut.
instalasi shower

wc and best floord

Perkembangan dalam desain interior kamar mandi, diikuti dengan perkembangan bentuk, ukuran dan model instalasi shower. Anda perlu memperhatikan jenis dan model instalasi apa yang akan Anda terapkan dalam desain kamar mandi Anda. Karena ada beberapa model yang cocok untuk ruangan tertentu dan tidak cocok untuk bentuk ruang yang lain.

Jika Anda memilih shower dengan model berdiri, letkkankan shower (freestanding) di sudut ruang agar lebih efisien dan terasa lapang. Selain itu Anda perlu memperhatikan pemasangan posisi tirai penyekat (shower curtain atau kaca) agar percikan air tidak menyebar ke mana-mana. Dan Anda tidak direpotkan jika menghendaki ruang kering dalam kamar mandi Anda.