Tips Memilih Sofa Minimalis Nyaman, Kuat dan Tahan Lama

Sebuah rumah bukan hanya tempat istirahat setelah sehari bekerja dengan penuh kepenatan. Minimal hal itu dapat dilihat beberapa ruang yang sengaja dibuat oleh pemiliknya dan perabot seperti sofa minimalis yang ditempatkan di rumah tersebut. Semua ruang itu dirancang dengan fungsi yang berbeda-beda. Fungsionalitas ruangan dalam sebuah rumah akan mencerminkan aktivitas para penghuninya. Bahkan setiap ruangan dalam rumah akan dapat digunakan untuk menumbuhkan nilai-nilai moral spiritual seluruh penghuninya.

sofa minimalis nyaman

Ruang keluarga, misalnya. Di sinilah biasanya seluruh anggota keluarga berkumpul dan santai sambil menikmati sajian acara televisi. Obrolan pun sering muncul di ruangan ini. Mulai dari obrolan ringan sampai obrolan penuh pendidikan akan mengalir dalam ruangan ini. Demikian juga ruang-ruang yang lain.

Karenanya, elemen pendukung fungsi sebuah ruangan hendaknya dihadirkan dan pertimbangkan selain itu kenyamanan dalam desain interior rumah minimalis juga perlu diperhatikan. Salah satu elemen yang harus diperhatikan kehadirannya dalam sebuah rumah adalah sofa. Tidak peduli apakan desain interior rumah Anda minimalis ataukah maksimalis. Karena masing-masing desain interior tersebut membutuhkan kehadiran sebuah sofa, tentu saja sesuai dengan luas ruang masing-masing.

sofa minimalis cream

Sofa minimalis merupakan salah satu furniture yang biasanya disediakan untuk rumah minimalis. Sofa ini menjadi salah satu perabot dalam rumah minimalis. Biasanya diletakkan di ruang tamu. Dalam ruang yang minimalis, biasanya ruang tamu difungsikan juga sebagai ruang keluarga. Meski ruangannya dwifungsi, pemilihan sofa minimalisnya pun hendaknya dengan mempertimbangkan fungsi ruang tersebut.

Meski saat ini toko furniture yang menyediakan sofa tersebut banyak ditemukan, pada kenyataannya mencari sofa yang sesuai dengan yang diharapkan tidaklah gampang. Ada beberapa hal yang mestinya harus diperhatikan ketika Anda ingin memilih sofa untuk ruang tamu minimalis Anda. Berikut ini akan dipaparkan tips memilih sofa minimalis.

Pertimbangkan Anggaran yang Tersedia

sofa minimalis mewah

Namanya juga membeli, pasti yang menjadi pertimbangan awal adalah dana yang tersedia. Jika anggaran yang ada tidak terbatas, tentu memilih perabot tersebut  tidak menjadi persoalan. Tetapi jika anggaran yang tersedia terbatas, Anda harus benar-benar berpikir bagaimana dengan anggaran yang tersedia dapat membeli sofa minimalis sesuai harapan Anda.

Untuk itu, ada baiknya Anda melihat-lihat harga dari berbagai toko perabot rumah. Dengan demikian Anda dapat membandingkan harga sofa yang satu dengan yang lain dari berbagai toko yang menawarkan sofa minimalis. Untuk mempermudah mencari perbandingan harga, Anda dapat melakukan searching di google, dengan kata kunci sofa minimalis.

Sofa yang Nyaman

3

Tentu saja Anda harus ingat bahwa fungsi sofa minimalis dalam sebuah rumah biasanya untuk duduk santai dan mungkin melepas penat. Karenanya, ketika Anda memilih sofa minimalis untuk ruang tamu minimalis Anda, hendaknya ada jaminan kenyamanan saat sofa tersebut diduduki. Bahkan bentuk kenyamanan tersebut tidak hanya diukur dari sisi saat sofa tersebut digunakan tetapi juga menyangkut dengan kemudahan dalam perawatan dan pembersihan.

Disarankan untuk rumah dengan gaya desain interior modern minimalis, Anda memilih jenis sofa minimalis yang modern. Sofa minimalis modern merupakan tempat duduk yang sederhana dengan desain yang tidak rumit, nyaman, dan mudah dibersihkan. Ciri lain dari sofa modern ini adalah memiliki lengan lurus, sudut-sudutnya berbentuk runcing, dan bagian kolongnya tetap terlihat. Sofa minimalis ini akan memberi rasa nyaman kepada siapa saja yang menduduki atau menggunakannya.

sofa minimalis warna abu abu kuning

Unsur lain yang menjadikan sofa minimalis nyaman adalah rancangan sofa tersebut. Sebagai contoh sofa yang mengeluarkan derit suara saat ditarik tentu menjadikan suasana tidak nyaman. Karenanya, pilihlah sofa minimalis yang dilengkapi pegas berbentuk S dan dilapisi teflon. Cover (pelapis) dan isi dari sofa minimalis juga harus Anda perhatikan agar ke depannya Anda tidak menyesal gara-gara pemilihan sofa yang tidak pas. Satu hal yang perlu Anda hindari, yaitu terpikat dengan sofa hanya karena perfomancenya. Karena belum tentu sofa minimalis dengan perfomance yang bagus terasa nyaman diduduki.

Sesuaikan dengan tema rumah

sofa minimalis sudut putih

Tema rumah minimalis tentu saja butuh sofa yang minimalis. Selain itu sofa yang akan dibeli hendaknya mendukung konsep desain interior yang akan diusung oleh rumah tersebut. Jangan sampai keindahan dan keseimbangan desain interior rumah menjadi kacau hanya gara-gara pemilihan sofa yang tidak memperhatikan tema yang diusung.

Kesesuaian sofa minimalis dengan tema yang diusung dalam sebuah rumah dipengaruhi pula oleh bahan yang digunakan. Selain itu itu pertimbangan lain yang perlu dilakukan saat memilih sofa minimalis untuk rumah minimalis Anda adalah anggota keluarga. Jika ada anak kecil yang masih suka bermain dalam keluarga Anda, pilihlah sofa yang bermacam warna, berserat mikro dan berkulit sintetis.

1

Ada baiknya juga melapisi sofa minimalis Anda dengan slipcover. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan sofa dan tahan lama. Selain itu adanya slipcover ini akan menjadikan tampilan sofa minimalis Anda seperti tampak baru. Pandangan mata pun menjadi tidak jemu karena desain slipcover beserta corak dan warnanya dapat Anda siapkan lebih dari satu.

Perhatikan Bahan Pelapisnya.
2

Keberadaan sofa minimalis tentu tidak hanya untuk beberap jam atau hari. Keinginan kita tentu sofa yang kita punyai dapat tahan lama meski digunakan setiap hari. Karenanya, sebelum Anda membeli sofa, ada baiknya Anda yakinkan bahan pelapis sofa tersebut. Pada persoalan ini katun dan linen tak ada tandingnya. Selain harganya terjangkau bahan ini sudah diakui kualitasnya. Bahan lain yang dapat menjadi pertimbangan Anda adalah microfiber sintetis. Bahan ini selain lembut juga tahan terhadap noda.

Jika Anggaran Anda tidak terbatas, bahan pelapis wol, beludru dan kulit dapat Anda pertimbangkan. Selain akan memberi kesan mewah dan elegan dalam ruang tamu minimalis Anda, bahan ini juga kuat. Sementara itu jenis sutra terkenal sangat halus tetapi kelemahannya ia sangat rapuh. Disarankan juga jika Anda memilih sofa minimalis berbahan kain, pilihlah kain yang dirancang dan didesain dengan pola anyaman atau dibordir karena ia mempunyai daya tahan yang lama dan baik daripada kain dengan pola cetak/printing.

Perhatikan Kualitas Sofa Minimalis

4

Sebenarnya apa yang terpapar di atas sudah mencukupi bagi Anda sebagai bekal dalam mencari dan memilih sofa. Namun tidak ada salahnya, jika Anda mengetahui bagaimana mengetahui kualitas sebuah sofa, karenanya informasi berikut perlu Anda simak.

Ketika Anda sudah berada di toko sofa, jangan terburu-buru untuk membayar harga sofa minimalis yang secara tampilan Anda sudah cocok. Cobalah duduk dan rasakan beberapa saat. Apakah kenyamanan selama Anda duduk dapat Anda rasakan atau tidak, jika tidak urungkan memilih sofa tersebut. Jika Anda dapat merasakan kenyamana, berikutnya perhatikan rangkanya.

Kerangka sofa menjadi salah satu indikasi kualitas sofa. Anda harus pastikan sambungan dan rangkai kursi sofa terebut dalam kondisi baik. Hal terpenting yang perlu Anda ketahui terkait dengan rangka sofa, baik yang minimalis maupun yang maksimalis adalah penggunaan staples, paku, dan lem. Perlu Anda ketahui bahwa ketiganya hanyalah pelengkap sofa minimalis yang berfungsi sebagai elemen dekoratif sofa. Tidak boleh ketiganya menjadi unsur utama penguat sebuah sofa sekalipun hanya sofa minimalis.

sofa minimalis modern

Pegas menjadi elemen penyangga utama sebuah sofa, termasuk sofa minimalis. Tetapi seperti halnya benda lain, kekuatan daya pegas ini juga akan berkurang seiring dengan waktu. Akiatnya daya topang pegas tersebut akan memudar bila besinya tidak kuat. Dalam kondisi seperti itu, kenyamanan tidak lagi akan didapatkan oleh orang yang duduk di sofa tersebut. Karenanya Anda perlu mengecek kualitas pegas dan pemasangannya. Cobalah Anda duduk di sisi pojok sofa yang berpegas tersebut. Apakah Anda mendengar bunyi deritannya? Jika ya, berarti pemasangan pegas tidak baik.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli sofa minimalis untuk rumah Anda. Kecermatan dan ketelitian diperlukan sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah sofa. Semuanya untuk menghindari kekecewaan di belakangnya. Semoga informasi tersebut memberi manfaat kepada Anda.