Tips Memilih Warna Cat Dapur: Hadirkan Aneka Nuansa Dapur

Tips Memilih Warna Cat Dapur – Kenyamanan saat berada di dapau sangat penting bagi seorang ibu rumah tangga. Dengan kenyamanan itulah kegiatan di dapur menjadi lebih menyenangkan. Warna merupakan salah satu elemen yang dapat menciptakan suasana nyaman dalam dapur.

Tips memilih warna cat dapur

Ketika berbicara masalah tips memilih warna cat dapur, tentu saja itu tidak sebatas warna cat dinding atau lantai dapur. Warna dapur meliputi banyak hal, antara lain warna dinding, cabinet, top table, backsplash, lantai dan juga aksesoris atau appliance.

Berikut akan diuraikan satu persatu tips memilih warna cat dapur dari setiap elemen interior dapur yang harus mendapat perhantian dalam pewarnaannya.

Tips Memilih Warna Cat Dapur pada Cabinet Dapur

warna cat dapur kombinasi coklat putih tekstur garis

Kalau diperhatikan ruangan dapur sebagian elemen terbesar yang ada di dalamnya adalah cabinet, bukan dinding dapur. Hampir 60% lebih dinding dapur tertutup oleh kabinet tersebut. Karenanya, penerapan tips memilih warna cat dapur harus memprioritaskan pemilihan warna kabinet.

Saat Anda akan mengaplikasikan tips memilih warna cat dapur pada warna kabinet perhatikan tema desain interior dapur yang hendak Anda usung. Beberapa tema bisa Anda aplikasikan dalam dapur Anda. Misalnya, jika Anda ingin sentuhan kayu Anda bisa melapisi cabinet dengan veneer atau thermofoil sehingga serat dan gurat kayu akan tereksplor.

kayu warna dapur

Sebaliknya, jika Anda ingin menampilkan nuansa yang lebih modern, Anda dapat menggunakan beberapa pilihan warna-warna cerah seperti merah, putih ataupun hijau. Sementara itu untuk menampilkan kesan yang lebih tradisional Anda dapat memilih cabinet warna gelap, seperti warna coklat tua.

Untuk memunculkan aksen pada dapur, Anda dapat mengaplikasikan kombinasi warna cat dapur. Seperti pemilihan warna yang berbeda antara kabinet bawah dan kabinet atas. Kombinasi warna selang seling antarkabinet atau mengkombinasikan material yang berbeda, misalnya pengaplikasian cermin atau brown mirror.

Warna Dapur pada Backsplash

blacksplash putih dari kaca

Backsplash adalah dinding dapur yang biasa digunakan untuk menangkal percikan air dan minyak. Untuk pemilihan warna backsplash, sebaiknya Anda memilih warna yang senada dengan kabinet. Warna yang senada ini dimaksudkan untuk menciptakan keharmonisan dan keserasian suasana dalam dapur.

Biasanya warna backsplash ini ada kaitan eratnya dengan material yang digunakan. Beberapa material yang sering digunakan pada backsplash ini antara lain, mozaik, tile, stainless steel dan kaca. Disarankan Anda memilih backsplash dengan bahan yang mudah dibersihkan dan gampang pemeliharaannya. Mengapa? Ya, karena area ini sangat riskan dengan kotoran dan cipratan masakan.

marmer blacksplash

Anda dapat memadukan warna gelap terang pada cabinet dan backsplash. Misalnya, warna gelap Anda aplikasikan untuk cabinet kemudian warna terang Anda aplikasikan pada backsplash. Demikian juga sebaliknya, Anda aplikasikan waran terang pada cabinet kemudian warna gelap untuk backsplashnya. Hal ini untuk menjaga agar dapur tidak terasa sumpek dengan warna gelap pada cabinet.

Warna Top Table

modern top table

Seperti halnya pemilihan warna untuk backsplash, pilihan warna untuk top table juga disarankan warna yang senada dengan cabinet. Tetapi jika Anda seorang pemberani dan menginginkan tampilan yang lebih modern Anda dapat memilih warna kontras untuk top table bermaterial solid surface. Sementara itu kesan alam dapat Anda tampilkan dengan pemilihan top table bermotif marmer, granit atau granit tile.

Sebagai contoh, Anda dapat menyandingkan warna kuning pada top table berbahan solid surface dengan cabinet berwarna off white. Atau jika mua Anda dapat menyandingkan top table berbahan marmer atau granit dengan motif lembut dengan backsplash mozaik yang mempunyai kesinambungan warna.

Warna Lantai Dapur
lantai dapur coklat kayu

Pemilihan lantai dapur pada prinsipnya sama dengan pemilihan warna lantai ruangan yang lain. Anda dapat memilih lantai dengan bahan marmet, granit, keramik ataupun kayu. Selanjutnya untuk pemilihan warna lantai hendaknya disesuaikan dengan warna keseluruhan dapur.

Sebagai contoh, jika warna cabinet Anda gelap, disarankan pemilihan warna lantai yang terang. Sementara jika kabinetnya warna terang, Anda dapat mengaplikasikan marmer, granit atau parket yang menampakkan guratan yang unik dan apik.

Warna Dinding Dapur

warna cat dapur kombinasi hijau muda warna kayu

Memang dinding yang tertutup kabinet terkadang lebih banyak dari dinding dapur yang tidak tertutup. Namun tidak berarti Anda dapat mengabaikan warna dinding dapur. Justru Anda harus cermat dalam mengaplikasikan warna pada dinding dapur Anda.

Pemilihan dan pengapllikasian warna-warna yang netral pada dinding dapur dapat menjaga suasana yang pas pada keseluruhan nuansa yang ingin dimunculkan. Warna putih atau warna krem sangat disarankan untuk itu. Meskipun demikian, Anda pun dapat mengaplikasikan gradasi warna dinding dapur dengan warna kabinet.

Pemilihan Warna Langit-langit Dapur

warna cat dapur kombinasi putih abu abu

Untuk langit-langit dapur, warna yang disarankan adalah warna netral, seperti krem dan putty. Warna ini selain akan mempertahankan suasana lapang dalam dapur juga akan menjadikan nyaman pada siapa saja yang berada di dalam dapur tersebut.

Ciptakan Suasana dengan Kombinasi Warna Dapur

Ada rasa dalam setiap warna. Ada nuansa dalam setiap gores dan pancaran warna sebuah ruangan tidak terkecuali ruang dapur. Karenanya, sebelum Anda memilih dan mengaplikasikan warna pada dapur, sebaiknya Anda tentukan dulu nuansa yang akan Anda ciptakan.

Nuansa Dingin dan Sejuk
warna cat dapur kombinasi hijau coklat

Untuk menciptakan nuansa ini Anda dapat memilih warna hijau dan biru. Warna ini dapat memberikan kesan suasana santai. Warna biru atau hijau ini sangat cocok diaplikasikan pada dapur bertema tradisional dan modern. Anda dapat memadupadankan warna tersebut dengan elemen dapur yang lain, misalnya cabinet, backsplash dan bahkan sink dan peralatan dapur lainnya.

Anda pun dapat menciptkan tone warna kebiruan dalam dapur yang didominasi warna putih. Hal itu dapat menguatkan kesan modern dapur Anda. Warna tersebut dapat Anda aplikasikan pada kaca biru pada backsplash, material stainless steel yang berkilau dan warna biru muda pada peralatan dapur

Nuansa Hangat

warna cat dapur kombinasi merah putih

Nuansa dan suasana hangat dalam dapur dapat Anda hadirkan dengan memadupadankan warna merah, orange dan kuning. Aplikasikan warna tersebut pada dinding dapur yang tidak terlalu lebar. Agar suasana tidak menjadi panas, hindari penggunaan warna merah yang berlebihan.

Padupadankan warna-warna tersebut dengan warna netral seperti putih atau coklat sebagai aksen.
Sebagai gambaran Anda dapat mengalikasikan warna merah pada kabinet paling atas dan bawah dan warna putih untuk kabinet atas, sisi bawau tengah. Untuk penegas, aplikasikan warna hitam dari kaca mengkilat sebagai backsplash.

Nuansa Simple dan Sederhana

warna cat dapur kombinasi putih kayu

Jika kesederhanaan yang ingin Anda ekspos disarankan Anda memilih warna-warna netral seperti coklat, abu-abu atau putih. Agar kesederhanaan yang diekspos mampu menghadirkan suasana hidup Anda dapat mengaplikasikan warna lain sebagai aksen.

Sebagai contoh, Anda dapat mengekspos warna dinding semen dan backsplash bermaterial stainless steel yang mengkilap disandingkan dengan lemari kabinet yang bergaya rustic pada permukaannya. Pilihan dan padupadan warna netral tersebut mampu menampilkan kesederhanaan yang mungkin Anda inginkan.

Yang Perlu Diingat dalam Tips Memilih Warna Cat Dapur

warna cat dapur kombinasi krem

Dalam menerapkan tips memilih warna cat dapur perlu Anda hindari penggunaan warna dengan motif karena hal itu akan membuat kesan ramai pada dapur sehingga ruangan akan terasa sempit dan sumpek. Pilihlah warna yang berkesinambungan , jika ingin terlihat kontras aplikasikan paling banyak tiga warna berbeda.

Kalaupun Anda memaksakan diri untuk mengaplikasikan motif pada dapur Anda, seimbangkan antara motif dan polos. Misalnya, jika top table menggunakan material marmer dengan guratan yang menonjol dapat Anda imbangi dengan pengaplikasian backsplash yang polos.

blacksplash temporary dari kaca

Agar keseimbangan dapur terjaga, padupadankan warna gelap terang dengan komposisi yang seimbang. Selain itu Anda dapat memperindah tampilan dapur dengan mengaplikasikan cahaya dari balik kabinet, sehingga pancaran cahayanya dapat menjadi lebih eye catching.

Agar suasana dapur selalu fresh dan tidak lembab disarankan memperbanyak bukaan pada area dapur. Selain untuk menghindari kelembaban yang berakibat mudahnya jamur tumbuh di area dapur, juga akan memperkuat efek yang ditimbulkan oleh warna dapur sehingga dapur terasa nyaman dan menyenangkan.

warna cat dapur kombinasi hijau kuning biru

Selain hal-hal tersebut di atas, Anda dapat memperkaya referensi Anda dalam mendesain dapur sehingga nyaman dan menyenangkan bagi siapa saja yang berada di dalamnya dengan membaca 5 hal yang membuat dapur terlihat artistik.