tips menata desain interior ruang keluarga nyaman dan penuh keakraban

Salah satu ruang yang sangat penting dalam rumah adalah ruang keluarga. Sebuah ruangan yang berfungsi sebagai tempat sosialisasi anggota keluarga, tempat untuk santai dan bercengkerama antaranggota keluarga. Karenanya, dalam menata  desain ruang keluarga pun tidak boleh sembarangan, baik itu desain ruang keluarga minimalis maupun maksimalis

Kesan kenyamanan saat keluarga berkumpul di ruang keluarga harus dapat dirasakan oleh semua anggota keluarga. Makanya, sangat disarankan ketika akan mendesain interior ruang keluarga untuk melibatkan semua anggota keluarga, sekalipun hanya ide dan gagasan dalam menciptkan sebuah ruang keluarga yang nyaman dan enak digunakan.

Warna-Cat-Dinding-Terbaik

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat Anda akan mendesain interior ruang keluarga.

Pertama, Menentukan tema

karpet-lantai-ruang-tamu-modern-94271-610x458

Tema inilah yang akan menjadi panduan dan arahan dalam Anda menata semua elemen desain interior ruang keluarga Anda. Tema ini dapat Anda diskusikan dengan anggota keluarga Anda. Anda harus memikirkan juga apakah ruang keluarga nantinya akan dijadikan ruangan yang multifungsi ataukah hanya satu fungsi.

Jika Anda memilih ruangan yang multifungsi artinya selain berfungsi sebagai tempat berkumpulnya keluarga apakah ruangan ini juga akan Anda fungsikan sebagai tempat menerima tamu atau sebagai ruang tamu ataukan tidak. Penentuan ini sangat mempengaruhi dalam Anda memilih furniture yang Anda butuhkan dalam mendesain interior ruang keluarga Anda.

Kedua, Pemilihan Elemen dalam desain interior ruang keluarga

Desain-Interior-Ruang-Keluarga

Sebelum Anda menentukan elemen ataupun unsur-unsur yang akan Anda gunakan dalam mendesain interior ruang keluarga Anda, ada baiknya Adan menentukan titik point atau focal point. Ini penting. Apalagi jika ruang keluarga ini Anda fungsikan juga sebagai ruang tamu. Titik point inilah yang pertama kali akan ditangkap dan menjadi perhatian setiap mata yang memasuki ruangan ini.

Titik poin atau aksen ini dapat Anda ciptakan dengan memadukan warna dengan peletakan sofa ataupun furniture yang mempunyai warna yang mencolok di antara warna dinding di ruangn keluarga itu. Setelah Anda menentukan bagian mana yang akan Anda jadikan titik point berikutnya Anda dapat mulai memilih dan mendesain elemen-elemen yang akan digunakan.

Berikut adalah beberap tips yang dapat Anda lakukan dalam menentukannya.

Jika ruang keluarga Anda menghadap ke luar
Desain interior ruang keluarga

Jendela kaca yang lebar menjadi pilihan yang layak dan bijaksana. Selain akan memberikan cahaya yang alamiah, jendela ini juga dapat Anda fungsikan sebagai sarana sirkulasi udara yang akan masuk ke ruang keluarga Anda. Di samping itu kesan lapang dan luas akan Anda rasakan saat Anda berada di dalam ruang keluarga tersebut.

Penggunaan cermin yang ditempelkan di salah satu sisi ruang keluarga Anda juga akan menimbulkan kesan luas.

desain interior ruang makan 8

Apalagi jika di hadapan kaca tersebut sebuah ruangan terbuka atau taman rumah. Pantulan taman yang terdapat dalam kaca tersebut akan memberi kesan visual bahwa ada ruangan terbuka yang luas. Kesan tersebut tentu akan memberi efek kelegaan bagi siapa saja yang berada dalam ruangan itu.

Pemilihan warna.

Desain-Interior-Ruang-Keluarga 10

Warna cat rumah yang cerah dapat Anda pertimbangkan untuk warna desain interior ruang keluarga Anda. Warna putih, krem, hijau ataupun abu-abu dapat menciptkan kesan sederhana tetapi elegan dari ruang keluarga Anda. Warna yang paling sering digunakan dalam desain interior ruang keluarga antara lain, warna coklat yang menciptkan kesan natural, warna putih memberikan kesan ruangan yang bersih dan rapi. Sedangkan warna krem akan menciptakan suasana hangat.

Pemilihan gorden atau tirai.

Desain-Interior-Ruang-Keluarga 11

Meski kehadiran gorden tidak wajib, namun jika Anda ingin menggunakan gorden usahakan warna gorden dan tirai disesuaikan dengan warna lantai, cat dinding atau furniture lainnya, sehingga kepaduan dari semua elemen yang ada dalam desain interior ruang keluarga Anda dapat Anda ciptakan.

Pemilihan lampu.

Meski ruangan keluarga Anda sudah terbuka dan menghadap ke luar tetapi lampu sebagai penerang dalam ruang keluarga Anda harus cuku. Tidak terlalu redupdan tidak terlalu terang. Karena terkadang Anda tidak dapat mengandalkan cahaya matahari untuk penerangan desain interior ruang keluarga meski di siang hari sekalipun.