tips menata kamar mandi minimalis pada desain interior rumah minimalis

Meningkatnya jumlah penduduk dan sempitnya tanah untuk tempat tinggal mengharuskan seseorang untuk menata desain rumahnya semaksimal mungkin agar tetap memberi kenyamanan pada penghuninya. Desain interior Kamar mandi merupakan salah satu hal yang harus Anda ketahui ketika hendak menata kamar mandi.

Keberadaan desain interior kamar mandi hendaklah dapat menciptakan kesan nyaman karena kamar mandi sering menjadi standar dan tolak ukur perhatian seseorang terhadap kebersihan. Karena kamar mandi merupakan bagian rumah yang paling tersembunyi dan jarang dilihat oleh tamu atau orang yang berkunjung ke rumah kita.

Orang akan berpikir kalau terhadap ruangan yang jarang dilihat saja seseorang menjaga kebersihan dan kenyamanannya, apalagi terhadap ruangan yang selalu dilihat bahkan menjadi sentral perhatian, tentu orang itu akan lebih menjaga kebersihan dan kenyamanannya. Karenanya sebelum Anda menata kamar mandi, desain interior kamar mandi harus Anda pahami.

kamar-mandi-kecil-minimalis-modern

Saat ini mendesain interior kamar mandi minimalis menjadi hal yang sangat diminati. Hal ini disebabkan karena banyak rumah yang didesain dengan konsep minimalis, sehingga menata kamar mandi minimalis menjadi sebuah pilihan. Karenanya, dalam menata kamar mandi minimalis ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

Pertama, Menentukan Fungsi Kamar Mandi

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika akan mendesain interior kamar mandi minimalis adalah menentukan fungsi kamar mandi. Kenapa? Ya, karena fungsi kamar mandi ini nanti akan mempengaruhi letak kamar mandi Anda. Fungsi kamar mandi yang dimaksud di sini adalah apakah kamar mandi pribadi atau kamar mandi umum.

Jika kamar mandi Anda fungsikan untuk pribadi atau hanya untuk anggota keluarga tentu dalam menata desain interior kamar mandi minimalis tersebut Anda dapat menempatkan kamar mandi pada posisi yang mudah dicapai. Sebaliknya, jika fungsi kamar mandi Anda juga untuk tamu ada baiknya Anda meletakkan kamar mandi tersebut di dekat pintu masuk atau di sisi ruang tamu.

Kedua, Adakan Area Basah dan Area Kering

Meskipun kita mendesain interior kamar mandi minimalis, usahakan ada pembatas antara area basah dengan area kering. Karena hal ini akan memberikan kebebasan Anda dalam beraktivitas di kamar mandi. Dan Anda tidak direpotkan dengan adanya air jika Anda memang menghendaki area yang kering.

Ketiga, Buatlah Sudut Kamar Mandi Mudah Dibersihkan

Usahakan dalam mendesain interior kamar mandi minimalis sudut yang ada di kamar mandi mudah dibersihkan, sehingga setiap bagian dalam kamar mandi Anda tetap akan terlihat bersih. Hal ini  bertujuan agar waktu Anda tidak habis hanya untuk membersihkan bagian sudut kamar mandi yang sulit dibersihkan

Keempat, Gabungkan Teknologi dengan Alam

Anda dapat menggabungkan teknologi dengan alam sehingga kamar mandi Anda terlihat natural namun tetap memberikan kesan elegan. Hal itu dapat Anda lakukan dengan menempatkan tanaman imitasi dalam kamar mandi ataupun sekedar menempatkan wallpaper dengan nuansa natural di salah satu sisi kamar mandi Anda.

Kelima, Buatlah Ventilsi yang Baik

Dalam mendesain interior kamar mandi, hendaknya kamar mandi dilengkapi dengan ventilasi yang baik sehingga tidak pengap ketika seseorang berada di dalamnya. Sirkulasi udara dalam kamar mandi hendaknya dapat berjalan dengan lancar sehingga kebersihan kamar mandi tetap terjaga dan kesegarannya terus dapat dirasakan.

Keenam, Ciptakan Nuansa Artistik dengan Keramik Dekoratif

Penggunaan keramik dekoratif dalam desain interior kamar mandi juga akan memberikan keindahan tersendiri kamar mandi Anda. Anda dapat memilih keramik bermotif untuk menciptakan kesan artistik dalam kamar mandi Anda. Sehingga keindahan dan artistik kamar mandi dapat dilihat segera ketika seseorang masuk dalam kamar mandi.

Ketujuh, Tempatkan Cermin agar Kamar Mandi Terkesan Luas.

Jika kamar mandi Anda tidak luas, penempatan cermin pada salah satu sisi kamar mandi Anda akan menimbulkan kesan luas, apalagi cermin tersebut dapat memantulkan tanaman yang Anda pasang di dalam kamar mandi Anda. Sehingga ketika Anda melihat cermin yang Anda tempatkan dalam kamar mandi terasa Anda berada di ruangan yang luas dengan tanaman yang dapat Anda lihat.

Kedelapan, Perhatikan Pewarnaan

Warna dan pengecatan pada desain interior kamar mandi dapat Anda sesuaikan dengan konsep yang akan Anda terapkan dalam kamar mandi Anda. Biasanya warna putih akan memberikan kesan luas dan bersih dalam kamar mandi. Sebaliknya warna gelap akan memberi kesan sempit dan sumpek dalam kamar mandi Anda.

Kesembilan, Pilihlah Perabot yang Sesuai dengan luas Kamar Mandi

Pemilihan perabot, baik itu bak mandi, closet da juga wastafel perlu mempertimbangkan luas dari kamar mandi Anda. Jika tidak pasti Anda akan kebingungan dalam menempatkan perabot yang akan Anda letakkan dalam desain interior kamar mandi Anda. Kecuali  kalau Anda ingin asal-asalan dalam menaruhnya.

Delapan hal itulah yang perlu Anda perhatikan dalam menata kamar mandi minimalis Anda. Tentu penataan itu harus didahului dengan konsep dan tema desain yang jelas dan telah Anda putuskan. Hal itu akan mempermudah Anda dalam memilih dan menata kamar mandi minimalis Anda.