Tips Menata Pencahayaan Desain Interior Kamar Tidur

Pencahayaan Desain Interior Kamar Tidur – Dalam sebuah desain interior kamar tidur, pencahayaan memegang peranan penting. Pencahayaan dalam kamar tidur akan memberikan kesan dan kenyamanan tertentu sesuai dengan keinginan pemiliknya. Suasana hati pun juga dapat dipengaruhi oleh pencahayaan yang diaplikasikan dalam kamar tidur tersebut.

pencahayaan desain interior kamar tidur

Tetapi, ternyata mengatur dan mengadakan pencahayaan dalam kamar tidur yang dapat menciptakan kesan yang diinginkan tidak mudah. Apalagi jika pencahayaan dalam desain interior kamar tidur itu dituntut mampu mencerminkan kepribadian seseorang dan membuat kesan nyaman, tenang serta menyenangkan penghuninya.

Penataan cahaya dalam sebuah kamar tidur tidak bisa terlepas dari dua hal, yaitu bagian luar dan fungsional cahaya. Keduanya harus dipadukan agar mendapatakan pencahyaan yang indah dan unik dari sisi luarnya tetapi juga memenuhi kebutuhan. Mengabaikan salah satu unsur pencahayaan tersebut menyebabkan fungsi pencahayaan menjadi tidak seimbang.

tips pencahayaan desain interior kamar tidur

Jika seorang hanya mengutamakan sisi luarnya saja, bisa jadi dia akan mendapatkan estetika cahaya yang menakjubkan tetapi bisa jadi ada beberapa fungsi dari cahaya yang tidak dia dapatkan. Sebaliknya memfokuskan pada fungsionalitas cahaya akan menyebabkan terabaikannya estetika yang memberi kesan keindahan dan kenyamanan.

Karenanya, sebelum Anda menerapkan pencahayaan dalam desain interior kamar tidur, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Beberapa diantaranya adalah:

Pemilihan Sinar atau Cahaya Lampu

Pencahayaan desain interior kamar tidur

Pemilihan sinar atau cahaya lampu ini berdasarkan pemahaman setiap cahaya mampu memberikan kesan dan nuansa yang berbeda pada sebuah ruangan, termasuk kamar tamu. Sebagai contoh, sinar kuning akan memberi kesan hangat dan nyaman.

Sebaliknya kesan, gerah akan tercipta pada sinar cahaya warna merah. Sementara itu untuk menampilkan kesan romantis Anda dapat memadukan warna biru atau hijau dengan warna samar putih. Intinya, perhatikan warna sinar atau cahaya sesuai dengan kesan yang ingin akan Anda munculkan.

Pilihlah Lampu Hemat Energi untuk Pencahayaan Desain Interior Kamar Tidur

lampu kamar tidur

Anda pernah merasakan lampu TL dengan lampu bohlam? Kedua jenis lampu tersebut memang terasa memberi rasa yang berbeda. Lampu TL selain cahaya putih yang dipancarkan, dia tidak memancarkan panas. Berbeda dengan lampu bohlam, selain pancaran cahayanya tidak nyaman, lampu jenis ini memancarkan panas, sehingga terasa tidak nyaman apalagi kondisi cuaca sedang panas.

Selain itu lampu bohlam termasuk lampu yang boros energi dan membuat AC tidak dapat bekerja dengan sempurna. Karenanya Anda perlu memilih lampu yang hemat energi. Jangan lupa melengkapi lampu dengan sistem dimmer, sebuah sistim yang dapat mengatur intensitas cahaya sehingga Anda dapat mengatur kekuatan cahaya sesuai dengan kebutuhan.

Optimalkan Imajinasi pada Pencahayaan Desain Interior Kamar Tidur

memilih lampu kamar tidur

Ini mungkin terdengar asing. Masak menata pencahayaan dalam desain interior kamar tidur harus mengoptimalkan imajinasi. Hehehe, jangan salah. Yang dimaksud mengoptimalkan imajinasi adalah mengerahkan kemampuan kreativitas dalam menata pencahayaan lampu dalam kamar tidur.

Sebagai contoh, Ketika Anda akan menciptakan kesan romantis melalui pencahayaan dalam kamar tidur. Anda perlu menempatkan lampu tidak langsung (indirect lamp) di bebera sisi tersembunyi dalam kamar tidur Anda. Sinar lampu yang keluar akan menciptakan kesan romantis dalam ruangan. Apalagi dipadu dengan elemen interior kamar tidur yang memang sudah ditata untuk menciptakan kesan tersebut.

Optimalkan Fungsi Lampu sebagai Focal Point
fokus dengan pencahayaan desain interior kamar tidur

Kehadiran lampu dalam desain interior kamar tidur juga dapat Anda optimalkan sebagai aksen atau focal point. Lampu menjadi daya tarik tersendiri dalam ruangan sehingga akan memanjakan pandangan mata siapapun yang melihatnya.

Selain bentuk lampu, Anda pun dapat menata gradasi lampu sehingga ruangan menjadi kelihatan lebih hidup. Untuk itu Anda dapat menempatkan lampu di bagian atas ranjang (headboard) atau di kanan kiri bawah perabot built in yang ada dalam ruangan tersebut.

Pilih Kap Lampu Sesuai dengan Tema Desain Interior Kamar Tamu

kap lampu

Untuk menjaga keutuhan dan kepaduan desain interior kamar tidur, Anda perlu mensetting pencahayaan sesuai dengan tema desain interior kamar tidur Anda. Karena, apapun yang Anda aplikasikan dalam desain interior kamar tidur Anda harus senantiasa mempertimbangakan keutuhan, keseimbangan dan keindahan keseluruhan elemen desain interior, sehingga tema yang Anda usung menjadi lebih menonjol.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan menata pencahayaan Desain Interior Kamar Tidur. Beberapa artikel terkait dengan pencahayaan pada desain interior kamar tidur dapat Anda temukan diĀ Pencahayaan Desain Interior Kamar Tidur Hangat Teduh, Nyaman Mempesona