tips menciptakan desain interior ruang makan yang menggugah selera

Bagaimana perasaan Anda ketika diajak makan di rumah seseorang tetapi begitu masuk dalam ruang makan tidak ada kenyamanan dalam desain interior ruang makannya? Bagaimana pula ketika Anda melihat kesemrawutan dalam desain interior ruang makan tersebut? Ya, tentu selera makan Anda hilang minimal berkurang. Apalagi jika dalam ruang makan tersebut ada sesuatu yang menyebabkan Anda ingin muntah, misal gambar yang tidak pas di dinding ruang makan dan sebagainya.

ruang makan 3

Memang keberadaan ruang makan yang bersih, nyaman akan dapat membangkitkan selera makan meskipun hidangan yang disajikan cukup sederhana. Tetapi orang akan betah berlama-lama di ruang makan tersebut karena ingin menikmati desain interior ruang makan sambil ngobrol santai. Ya, karena memang ruang makan bukan hanya sekedar untuk makan tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat untuk ngobrol bahkan pendidikan.

Karenanya dalam mendesain interior ruang makan harus selalu memperhatikan unsur estetikan dan kenyamanan. Seseorang tidak akan merasa betah berada di dalam ruang makan jika desain interior ruang makan tersebut tidak bagus, artistik dan nyaman. Untuk itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin mendesain interior ruang makan. Sekali lagi kesembronoan dalam mendesain interior ruang makan dapat berakibat hilangnya selera makan seseorang.

Pertama, sediakan karpet untuk lantai ruang makan

ruang makan 9

Memang ini tidak wajib. Apalagi jika lantai ruang makan sudah berbahan keramik dengan tekstur yang sesuai dengan tema desain interior ruang makan. Tetapi jika Anda menginginkan desain interior ruang makan Anda terlihat mewah, memasang karpet pada lantai ruang makan akan sangat membantu. Yang harus diprhatikan ketika akan mengaplikasikan karpet pada desain interior ruang makan, pilihlah warna yang senada, atau kontras sekali sehingga karpet dapat dijadikan sebagai aksen ruangan.

Kedua, aplikasikan dekorasi dinding

ruang makan 12

Biasanya mata seseorang akan secara langsung melihat dinding dalam setiap ruangan. Karenanya untuk menambah daya pikat desain interior ruang makan, Anda dapat mengaplikasikan dekorasi dinding desain interior ruang makan Anda. Anda dapat menempelkan lukisan atau gambar buah-buahan ataupun sayuran yang dapat menambah artistik desain interior ruang makan. Atau wallpaper dengan corak yang simple juga dapat Anda aplikasikan pada salah satu sisi dinding desain interior ruang makan.

Ketiga, Ciptakan aksen yang mencengangkan

ruang makan 13

Begitu seseorang masuk dalam desain interior ruang makan, pastikan mata orang tersebut langsung terpana pada aksen yang Anda aplikasikan dalam desain interior ruang makan. Untuk membuat aksen, Anda dapat memanfaatkan barang yang sudah ada dengan sentuhan imajinasi dan kreativitas Anda. Aksen dapat berupa lampu gantung, lukisan atau warna yang berbeda dan mencolok dalam desain interior ruang makan tersebut.

Keempat, Pencahayaan
ruang makan 7

Cahaya akan memberi kesan tersendiri pada desain interior ruang makan. Apalagi tatkala aktivitas makan dilakukan pada malam hari dan membutuhkan cahaya. Pancaran artistik cahaya dapat membuat suasana makan malam menjadi lebih terasa hangat. Anda dapat mengaplikasikan lampu gantung tepat di atas meja makan atau menempatkannya lampu hias di pojok dinding desain interior ruang makan.

Kelima, pengaturan meja makan simetris

ruang makan 5

Gaya simetris lebih cocok Anda aplikasikan dalam desain interior ruang makan karena dengan gaya itu akan membuat keakraban dan kehangatan dalam sebuah keluarga lebih terasa. Dengan penataan gaya simetris ini setiap anggota keluarga dapat saling melihat dan dapat dengan leluasa bercengkerama.

Penataan desain interior ruang makan yang baik ini akan mempengaruhi hubungan antaranggota keluarga. Kenapa demikian? Ya, karena dari ruang makan yang tertata apik akan menyebabkan anggota lebih memilih makan bersama di dalam rumah dan tentu saja hal ini memberi peluang yang besar untuk terciptanya keakraban dalam sebuah keluarga.