Tips mendesain interior ruang keluarga minimalis yang cantik dan nyaman

Ruang keluarga merupakan sebuah ruangan dalam rumah yang sangat penting. Fungsi dari ruang keluarga selain sebagai tempat berkumpul dan berinteraksi dengan sesama anggota keluarga, ruang keluarga sering digunakan oleh anak-anak untuk bermain, membaca dan santai. Karenanya, desain interior ruang keluarga harus dirancang dengan serius sehingga dapat dirasakan nyaman oleh semua anggota keluarga.

desain ruang keluarga minimalis11

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat ruang keluarga yang nyaman pada sebuah rumah dengan desain rumah minimalis. Beberapa hal yang akan disampaikan berikut ini dapat Anda jadikan pertimbangan untuk mendesain ruang keluarga minimalis yang sesuai dengan keinginan Anda. Tetapi tentu saja tips berikut tidak membatasi kreativitas Anda. Anda dapat mengubahnya sesuai dengan keinginan Anda tetapi harus tetap mengingat kenyamanan dan estetika harus Anda utamakan.

Pertama, tentukan tema

desain ruang keluarga minimalis2

Inilah yang pertama kali harus Anda pikirkan ketika akan mendesain interior ruang keluarga minimalis Anda. Langkah pertama ini akan mempengaruhi langkah berikutnya. Berbagai tema dapat Anda pilih, mulai dari tema klasik, modern, tema shabby chic dan sebagainya. Tentunya Anda perlu mendiskusikan tema yang akan Anda aplikasikan dalam desain interior ruang keluarga minimalis dengan anggota keluarga Anda.

Kedua, menentukan focal point.

desain ruang keluarga minimalis

Focal point inilah yang nantinya akan menjadikan kesan pertama ketika berada di ruang keluarga Anda. Anda dapat membuat focal point dengan berbagai elemen yang biasanya digunakan dalam mendesain interior ruang keluarga minimalis. Misalnya, Anda memasang lukisan pada dinding desain interior ruang keluarga minimalis tersebut. Atau jika Anda ingin sebuah tv flat dapat Anda jadikan focal point ruang keluarga. Bahkan jendela kaca dapat Anda jadikan sebagai focal point juga.

Lampu dengan desain yang unik dan menarik pun dapat Anda jadikan sebagai focal point dalam desain interior ruang keluarga minimalis ruang keluarga Anda. Apalagi jika sinar lampu yang Anda pasang di dalam ruang keluarga tersebut mempunyai pancaran cahaya yang unik dan artistik tentu ruang keluarga akan menjadi semakin hidup.

Ketiga, pemilihan elemen yang fungsional

desain ruang keluarga minimalis5

Jika sebelumnya telah banyak perabot yang ada dalam desain ruang keluarga minimalis Anda, barangkali Anda perlu berpikir ulang untuk menempatkan perabot yang hanya mempunyai fungsi maksimal. Kenapa demikian? Ya tentu dengan dikeluarkannya perabot yang tidak menunjang fungsi aktivitas anggota keluarga, space ruangan menjadi lebih terasa longgar, bersih dan nyaman. Karenanya, keluarkan semua perabot yang mempunyai fungsi maksimal dalam ruang keluarga tersebut.

Keempat, ciptakan suasana dalam desain interior ruang keluarga minimalis
desain ruang keluarga minimalis10

Suasana hati atau mood memang dapat tercipta dari tempat dimana seseorang berada. Karenanya, usahakan suasana hati yang hangat dan terkesan penuh keakraban dalam desain interior ruang keluarga minimalis Anda. Hal ini perlu Anda pikirkan agar ketika anggota keluarga berada di dalam kamar keluarga tersebut mood atau suasana hatinya menjadi damai, tenang atau sesuai dengan yang Anda harapkan.

Untuk menciptakan suasana seperti yang Anda harapkan mengkreasikan warna dalam desain interior ruang keluarga minimalis dapat Anda lakukan. Warna dasar atau standar dari desain interior ruang keluarga minimalis adalah warna cerah atau warna netral. Warna ini akan memberikan kesan lapang dan longgar ruang keluarga yang minimalis. Setelah warna netral atau cerah Anda aplikasikan, Anda dapat menambahkan warna yang dapat Anda jadikan sebagai aksen dalam keseluruhan ruang keluarga minimalis Anda.

Kelima, tambahkan ornamen untuk mempercantik ruang keluargadesain ruang keluarga minimalis12

 

Namun harus tetap diingat jangan sampai ornamen yang Anda aplikasikan dalam desain interior ruang keluarga minimalis tersebut justru terlihat semrawut. Karenanya, meminimalis pengaplikasian ornamen dalam desain interior ruang keluarga minimalis Anda harus Anda lakukan. Yakinkan bahwa Anda hanya memasang ornamen yang akan membuat desain interior ruang keluarga Anda menjadi apik dan cantik

Keenam, berilah perhatian pada lantai

desain ruang keluarga minimalis4

Banyak orang yang saat mendesain interior ruang keluarga pikirannya tertuju pada bagian dinding, furniture dan elemen lainnya. Sementara lantai luput dari perhatian Anda. Padahal lantai menjadi salah satu bagian ruang keluarga yang tidak dapat Anda abaikan. Bukankah hampir semua aktivitas dalam ruang keluarga dilakukan di atas lantai. Bagaimana jika lantai Anda memberi kesan yang membosankan bahkan terkesan kotor? Tentu kenyamanan berada di dalam ruang keluarga menjadi teganggu.