Tips Mendesain Interior Rumah dengan Batik, Upaya Ciptakan Kenyaman Rumah

Tips Mendesain Interior Rumah dengan Batik-Melihat batik pada pakaian, tentu sudah biasa. Tetapi melihat batik menjadi elemen desain interior barangkali menjadi hal yang baru bagi Anda. Apalagi jika tatanan interior berbahan batik tersebut membuat Anda kagum karena apik dan estetiknya.

tips mendesain interior rumah dengan batik klasik

Ya, batik saat ini tidak hanya dimanfaatkan dalam dunia fashion. Para desainer interior kini sudah banyak melirik pada batik sebagai elemen desain interior rumah. Pengaplikasian batik pada tatanan interior rumah mampu membuat ruangan terasa indah nan elegan. Bukan hanya itu balutan batik juga menjadikan kesan tradisional lekat pada sebuah ruangan tanpa meninggalkan kesan kemodernannya.

Memang dibutuhkan kecermatan dan kejelian ketika akan menggunakan batik sebagai elemen desain interior. Tanpa itu bisa jadi bukan kesan indah yang akan tercipta tapi justru kesan berantakan tak karuan yang didapatkan. Postingan berikut berisi tips mendesain interior rumah dengan batik yang akan memandu Anda bagaimana menjadikan batik sebagai salah satu elemen desain interior rumah.

Tips Mendesain Interior rumah dengan Batik pertama: Pemilihan Corak

tips mendesain interior rumah dengan batik kamar tidur

Sebagaimana diketahui bahwa di Indonesia ini ada berbagai macam batik. Masing-masing corak batik akan menunjukkan ciri khas tertentu. Sebagi contoh batik yang berasal dari Solo tentu berbeda dengan batik yang berasala dari Cirebon. Nah, jika Anda ingin menggunakan batik dalam desain interior rumah Anda hal itu tentu harus pertimbangkan. Mana yang akan Anda tonjolkan, apakah kesan daerah asal batiknya ataukah kesan keindahannya.

Dalam memilih corak batik, Anda tidak harus saklek memilih salah satu corak saja. Atau jika Anda ingin, Anda dapat membuat corak batik sendiri dengan estetika yang sesuai dengan harapan Anda, kemudian Anda pesankan pada pelukis batik. Sehingga corak batik yang Anda gunakan dalam desain interior rumah Anda memberi kesan kekinian. Modern dalam balutan klasik. Inilah tips mendesain interior rumah dengan batik yang pertama.

Tips Mendesain Interior rumah dengan Batik kedua: Perhatian terhadap Warna

tips mendesain interior rumah dengan batik sofa

Tips mendesain interior rumah dengan batik yang kedua adalah pemilihan warna. Ada banyak warna yang ditawarkan dan bahkan dapat dengan mudah kita temukan di pasar-pasar. Banyaknya warna ini di samping memudahkan Anda mencari warna yang sesuai namun di sisi lain justru membuat Anda bingung. Karenanya, Anda harus tetap fokus pada tema desain interior rumah Anda agar optimalisasi desain interior rumah dapat Anda lakukan.

Sangat penting memperhatikan padupadan warna dalam sebuah ruangan. Keselarasan dan keutuhan desain interior rumah harus selalu Anda perhatikan sehingga batik yang Anda aplikasikan dalam desain interior rumah Anda tidak menyebabkan kacau tema yang akan Anda usung.

tips mendesain interior rumah dengan batik tempat tidur

Jika Anda memilih aman dan mudahnya, Anda dapat memilih warna batik yang netral, karena warna netral cenderung cocok dipadupadankan pada dengan warna apapun. Atau jika memang tema belum Anda tetapkan dalam desain interior, Anda dapat menciptakan tema dengan mengaplikasikan batik dalam elemen desain interior rumah Anda.

Tips Mendesain Interior rumah dengan Batik keempat: Dimana Elemen Interior Batik Ditempatkan

tips mendesain interior rumah dengan batik sofa2

Tips mendesain interior rumah dengan batik yang berikutnya adalah memperhatikan penempatan interior rumah bermaterial batik  tersebut. Prinsip-prinsip dalam desain interior rumah perlu Anda pegang. Batik yang Anda jadikan elemen interior rumah dapat diaplikasikan di mana pun. Anda dapat mengaplikasikannya untuk upholstery cushion, karpet, tirai, bed cover bahkan pada taplak meja. Batik juga dapat dijadikan bahan partisi ruangan. Yang harus diperhatikan adalah hindari penggunaan elemen batik yang berlebihan karena akan menjadikan ruangan terasa ramai dan menyesakkan.

Tips Mendesain Interior rumah dengan Batik, keempat: Manfaatkan Sisa Kain Batik yang Anda Punyai
tips mendesain interior rumah dengan batik kursi

Tidak selamanya bahan yang sudah lama tidak dapat digunakan lagi, batik misalnya. Jika Anda mempunyai kain batik yang sudah tidak Anda gunakan lagi kenapa Anda tidak mencobanya untuk menjadikannya sebagai bagian dari elemen desain interior rumah Anda. Di samping biaya lebih murah Anda akan dikejutkan keindahan yang diciptakan dari batik Anda.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda jadikan panduan ketika Anda akan mendesain interior rumah Anda dengan menggunakan batik. Semoga desain interior yang Anda hasilkan benar-benar sesuai dengan harapan Anda.