tips menentukan desain interior rumah yang nyaman dan menyenangkan

Kenyamanan sebuah rumah bukan hanya ditentukan oleh arsitektur rumah dan desain eksteriornya tetapi juga desain interiornya. Bahkan desain interior memegang peranan penting dalam menciptakan kenyamanan sebuah rumah. Karenanya, pemilihan tema dan gaya desain interior menjadi sesuatu yang sangat penting dalam menciptakan kenyaman sebuah rumah. Sayangnya terkadang banyak orang yang merasa kesulitan dalam menentukan konsep dan tema desain interior untuk rumahnya.

tips memilih tema desain interior rumah 2

Postingan berikut akan membantu Anda menentukan konsep dan tema desain interior rumah Anda. Tentu saja ini hanyalah saran dan pertimbangan yang dapat Anda gunakan dalam menentukan desain interior rumah Anda, apakah desain rumah minimalis ataukah desain interior maksimalis. Dengan memperhatikan hal-hal berikut, desain interior rumah Anda akan mampu menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Pertama, renungkan karakter anda

tips memilih tema desain interior rumah 5

Mungkin Anda ndak percaya mengapa dalam menentukan desain interior rumah harus melihat terlebih dahulu karakter Anda. Ya, tentu ini sangat penting. Bukankan karakter seseorang akan mempengaruhi aktivitas dan kegiatan seseorang. Bukankah pula ruangan yang nyaman akan mampu meningkatkan kinerja Anda dalam beraktivitas. Nah, ternyata ada timbal balik antara kondisi desain interior dengan kelancaran kegiatan dan aktivitas seseorang.

Karenanya, sebelum Anda menentukan tema desain interior rumah Anda, kenali diri Anda. Anda dapat memulai dengan mengenal kesukaan Anda saat beraktivitas. Apakah Anda senang suasana alam atau justru Anda senang suasana yang abstrak dan tak beraturan namun tetap memberikan kenyamanan dan nilai estetika. Atau apakah Anda ingin suasana dinamis saat beraktivitas dalam sebuah ruangan? Atau mungkin Anda suka menikmati lukisan di dinding ? Semua itu harus Anda temukan karena dengan begitu desain interior yang akan Anda rancang harus menjawab suasana yang Anda inginkan.

Kedua, carilah referensi terkait dengan desain interior

tips memilih tema desain interior rumah 6

Berikutnya, setelah Anda mengenali diri Anda dan apa saja yang akan Anda aplikasikan dalam desain interior rumah Anda. Hal ini penting sehingga Anda tidak keliru dalam memilih elemen yang dibutuhkan saat mendesain interior rumah Anda. Jangan sampai ketika Anda menginginkan ketenangan saat berativitas tetapi warna yang muncul warna kuat dan cerah. Tentu saja ini tidak sesuai dengan suasana yang Anda inginkan.

Referensi yang cukup juga akan membantu Anda dalam mengaplikasikan tema yang sudah Anda pilih. Bagaimana menatanya, menentukan elemen dan furniture yang sesuai serta berbagai pernik-pernik yang harus Anda siapkan untuk mendesain interior rumah Anda. Selain itu kemudahan-kemudahan lain juga akan Anda rasakan ketika Anda mempunyai referensi yang cukup. Karenanya, banyaklah membaca dan mencari informasi terkait desain interior rumah. Anda bisa mendapatkannya dari berbagai sumber, salah satunya dari interdesain.com

Ketiga, cobalah daur ulang furniture yang ada di rumah Anda

tips memilih tema desain interior rumah 8

Meskipun Anda menginginkan tema desain interior yang dapat memberikan kenyamanan bukan berari Anda harus menyediakan furniture dan elemen desain interior rumah yang serba baru. Tetapi setelah mendapatkan banyak referensi dari berbagai sumber, dengan imajinasi dan kreativitas Anda, furniture yang masih bisa Anda pakai dapat Anda daur ulang untuk mendukung tema yang sudah Anda tentukan.

Ada bisa memodifikasi dari catnya, menambahi dengan sesuatu yang mendukung tema yang telah Anda pilih bahkan Anda dapat menempatkannya pada tempat yang berbeda. Daur ulang terhadap elemen desain interior yang masih dapat dipakai tentu saja akan mengurangi budget yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan desain interior yang nyaman. Apalagi jika daur ulang dapat Anda lakukan sendiri, tentu Anda dapat memperkecil biaya untuk mendesain interior rumah Anda.

Keempat, prioritaskan kenyamanan dan estetika
tips memilih tema desain interior rumah 7

Hendaknya Anda selalu ingat tujuan mendesain interior sebuah rumah. Bukan hanya fungsi dari sebuah rumah tetapi juga estetika yang membuat kenyamanan pada penghuni rumah tersebut. Jika ini selalu Anda perhatikan, pasti kreativitas dan imajinasi Anda dalam menciptakan desain interior rumah selalu mendasari pekerjaan Anda. Anda pun dapat menggabungkan fungsionalitas dengan estetika dari sebuah furniture yang Anda aplikasikan dalam sebuah ruangan.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangan ketika Anda ingin mendesain interior rumah Anda yang nyaman. Mulailah berimajinasi dan wujudkan imajinasi Anda dalam bentuk kreasi desain interior rumah. Apapun hasilnya ketika Anda menerapkan hal-hal di atas desain interior rumah yang Anda lakukan pasti akan memberi kenyamanan kepada Anda.