tips menghadirkan ruangan unik, artistik dengan partisi portable

Banyak diantara kita barangkali merasa rumahnya terlalu besar dan kosong. Padahal sebenarnya dia menghendaki beberapa ruang dengan fungsi yang berbeda ada desain interior rumahnya. Tetapi keinginan untuk merenovasi total rumah terkendala oleh biaya yang terlalu besar. Di samping itu keinginan untuk mempertahankan desain rumah juga ada.

Keraguan semakin tinggi ketika rumah yang akan direovasi adalah rumah warisan peninggalan orang tuanya. Rumah warisan biasanya mempunyai sejarah tersendiri bagi pemiliknya. Ada banyak kenangan yang tak ingin dilupakan dalam rumah tersebut. Kalau sudah demikian adakah cara lain untuk menghadirkan ruang tambahan dalam rumah tanpa merubah desain utama sebuah rumah?

menghadirkan ruang beda fungsi dalam desain interior rumah dengan partisi portable

Jawaban dari pertanyaan itu tentu saja ada. Ya ada cara yang dapat Anda lakukan untuk menghadirkan ruang dengan fungsi yang berbeda dalam desain interior rumah Anda, tanpa merubah desain utama rumah Anda. Cara yang paling mudah dengan biaya yang tidak terlalu tinggi untuk menghadirkan ruang dalam desain interior rumah tersebut adalah dengan partisi/ penyekat.

Ada dua partisi yang dapat Anda aplikasikan dalam rumah Anda. Yang pertama adalah partisi permanen dan yang kedua adalah partisi portable. Kedua jenis partisi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentunya Anda dapat mengaplikasikan jenis partisi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Sebelumnya Anda dapat melihat gambar partisi di internet atau di majalah-najalah yang membahas tentang desain interior untuk referensi partisi ruang apa yang akan Anda gunakan.

menghadirkan ruang beda fungsi dalam desain interior rumah dengan partisi portable 8

Partisi permanen biasanya berupa tembok dinding bermaterial batu, pasir dan semen. Karakter dari partisi ini adalah kuat, permanen dan tidak dapat dipindah atau digeser. Menghadirkan ruang dengan partisi ini akan membuat ruang rumah Anda akan semakin sempit. Menguntungkan atau tidaknya penerapan partisi ini dalam desain interior rumah tergantung dari tujuan dibuatnya ruang tersebut.

Sedangkan partisi portable merupakan salah satu jenis partisi yang dapat dipindah dan digeser. Ini memungkinkan Anda untuk merubah desain interior rumah. Jika suatu saat nanti Anda bosan dengan desain yang Anda terapkan saat ini dengan mudah Anda dapat merubah atau menggatinya kapanpun Anda mau dengan biaya yang tetap terjangkau, apalagi jika Anda masik menggunakan partisi yang sama.

menghadirkan ruang beda fungsi dalam desain interior rumah dengan partisi portable 9

Bahan yang digunakan untuk partisi portable pun bermacam-macam, mulai dari kayu, kaca bahkan kain dengan motif tertentu dapat digunakan untuk menghadirkan ruang dengan fungsi yang berbeda dalam desain interior rumah. Tetapi dari sekian material partisi tersebut, bahan kayu masih menjadi favorit dan sering digunakan saat ini.

Beberapa hal yang menjadikan kayu sebagai favorit, pilihan banyak orang, adalah fleksibilitas kayu yang dapat dipadukan dengan berbagai jenis perabotan yang ada dalam ruangan. Warna netral yang dimiliki oleh kayu tidak merusak atau memudarkan kualitas perpaduan warna ruang yang telah diciptakan. Bahkan kayu dengan guratan dan garis-garis kambium yang menambah estetika rumah tersebut.

menghadirkan ruang beda fungsi dalam desain interior rumah dengan partisi portable 3

Kesuksesan seseorang dalam menghadirkan ruang dalam desain interior rumah tergantung dari kemampuan dia memilih dan berimajinasi dalam mengaplikasikan partisi tersebut. Karenanya jika Anda ingin menghadirkan ruang dengan fungsi yang berbeda dan mempunyai nilai estetika yang tinggi, beberapa hal berikut patut Anda perhatikan.

Pertama, perhitungkan budget kebutuhan dan kesiapan

menghadirkan ruang beda fungsi dalam desain interior rumah dengan partisi portable 2

Ini hal pertama yang harus Anda lakukan, karena apapun dan bagaimanapun Anda mengimpikan sebuah ruangan dalam desain interior rumah dengan partisi yang bagus tetapi jika tidak didukung dengan budget yang mencukupi tentu saja keinginan Anda itu tinggal impian, kecuali Anda mampu menyesuaikan antara keinginan dengan kebutuhan anggaran.

Janganlah memaksakan diri jika memang kesiapan anggaran untuk sebuah desain interior rumah yang sesuai dengan keinginan Anda belum mencukupi. Aturlah skala prioritas, mana yang harus Anda dahulukan karena pengadaan ruang dengan partisi portable memang dapat dicicil, berbeda dengan pengadaan ruang dengan partisi permanen.

Kedua, mengenali fungsi ruang

menghadirkan ruang beda fungsi dalam desain interior rumah dengan partisi portable 5

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah mengenali fungsi ruang. Apakah ruang yang akan Anda hadirkan membutuhkan privasi yang tinggi ataukan tidak. Jika privasi yang tinggi Anda butuhkan partisi portable dengan bahan yang tidak tembus pandang dapat Anda aplikasikan, atau bahkan pilihan partisi permanen dengan segala konsekuensinya menjadi alternatif Anda.

Tetapi jika Anda hanya menginginkan ruang yang terpisah dengan ruang yang lain dan tidak membutuhkan privasi tingkat tinggi, dalam arti seseorang masih diperbolehkan melihat aktivitas dalam ruangan itu, partisi yang pas untuk Anda terapkan adalah partisi transparan. Partisi ini memungkinkan seseorang melihat aktivitas yang dilakukan seseorang dari ruang sebelahnya.

menghadirkan ruang beda fungsi dalam desain interior rumah dengan partisi portable 10

Untuk membuat partisi tembus pandang Anda dapat menggunakan bahan dari kayu dengan beberapa celah menyerupai rak yang dapat Anda fungsikan untuk vas bunga atau tanaman indoor lainnya. Partisi dengan model seperti ini di samping akan menambah kesegaran ruangan juga dapat menciptakan kenyamanan berada di ruang tersebut. Atau jika Anda menghendaki Andapun dapat menggunakan bahan kaca untuk partisi itu.

Nah, jadi Anda tidak perlu bingung untuk menciptakan ruang dengan fungsi berbeda dalam desain interior rumah Anda. Tidak perlu khawatir juga harus merenovasi rumah secara keseluruhan. Simple dan mudah dengan pengadaan barang yang dapat dicicil sesuai kemampuan finansial Anda.