tips pemilihan lampu meja keindahan untuk desain interior rumah

Pemilihan lampu meja bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena saat ini banyak toko yang memberikan banyak pilihan sehingga Anda tidak repot-repot lagi mencarinya. Susah atau sulit karena dalam pemilihan lampu meja banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat Anda akan memilih lampu meja sehingga estetika, keindahan dan kenyamanan sebuah ruangan tetap dapat dirasakan dengan hadirnya lampu meja dalam desain interior rumah itu. Apalagi kekuatan sebuah lampu meja dapat menciptakan suasana tertentu.

Tips memilih lampu meja

Berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan pada pemilihan lampu meja.

Pertama, Ketinggian ruang.

Ini penting Anda pertimbangkan karena dalam desain interior perbandingan proposional antara benda-benda yang ada di dalam ruangan itu, termasuk lampu meja akan membentuk satu kesatuan yang utuh sehingga tercipta keselarasan yang menimbulkan kesan nyaman saat kita berada dalam ruangan itu.

Ketinggian ruangan perlu kita pertimbangkan karena akan mempengaruhi besar kecil serta kuat lemahnya cahaya lampu yang dibutuhkan. Ruang yang tinggi tentu lebih membutuhkan cahaya yan kuat dibandingkan dengan ruangan yang tidak terlalu tinggi. Hal ini disebabkan pendaran lampu juga harus menjangkau seluruh ruangan.

Kedua, Luas Permukaan Meja.

Sebelum Anda menetapkan lampu yang akan Anda pasang di meja Anda, perhatikan secara seksama luas permukaan meja yang akan dipasangi lampu. Tentu Anda tidak ingin muncul kesan lampu yang terlalu kecil atau sebaliknya. Di samping akan mengganggu pandangan, kesan asal-asalan akan timbul jika lampu meja yang tidak proposional dengan luas permukaan meja terpasang dalam sebuah ruangan.

Ketiga, Penyelarasan Desain Interior.

Sebagaimana telah disebukan di atas bahwa apapun yang kita tata dalam sebuah ruangan hendaknya menciptakan keharmonisan dan kesatuan yang utuh, sehingga nampak hubungan antara benda yang satu dengan benda yang lain. Demikina juga dalam memilih lampu meja.

Kehadiran lampu meja dalam ruangan janganlah menjadikan kesan justru akan membuyarkan atau menghilangkan keseimbangan dan kenyamana serta keutuhan dalam sebuah ruangan. Karenanya, ketika Anda akan memilih lampu meja perhatikan gaya dan konsep yang ada dalam ruangan itu.

Kecuali kalau Anda akan memadukan dua gaya atau konsep yang berbeda dalam sebuah ruangan. Ruangan yang tertata dengan konsep dan gaya klasik tentu sangat tidak pas dihadiri oleh benda yang bergaya futuristik. Memang memungkinkan, tetapi hal itu membutuhkan pemahaman dan keahlian Anda dalam memadukan hal yang berbeda.

Keempat, Keamanan.

Dalam memilih lampu meja, faktor keamanan hendaknya Anda perhatikan, apalagi jika lampu meja tersebut akan Anda pasang di ruang anak-anak. Memilih dan menempatkan lampu meja yang agak jauh dengan bed tempat tidur merupakan pilihan yang bijaksana. Tentu Anda tidak menginginkan lampu meja Anda justru akan membawa petaka bagi keluarga Anda.

Meski demikian tentu juga tetap memperhatikan kemudahan dalam menyalakan dan mematikan. Karena biasanya ada aktivitas sebelum kita ingin tidur, mungkin ngobrol yang sifatnya pribadi dengan pasangan kita atau hanya aktivitas ringan yang dapat kita lakukan sebelum tidur, sehingga jika lampu meja terlalu jauh tentu akan menyusahkan atau minimal merepotkan kita dalam menyalakan dan mematikannya.

Perhatikan Fungsi Lampu Meja.

Lampu meja yang Anda letakkan di kamar tidur tentu berbeda dengan lampu meja yang kita letakkan di ruang baca atau ruang belajar. Pemilihan lampu meja yang berkap tidak transparan menjadi pilihan baik jika lampu meja yang kita pasang akan kita gunakan untuk membaca. Hal ini tentu cahaya akan lebih fokus menerangi kita daripada lampu yang berkap transparan.

Nah beberapa hal itulah yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih lampu meja sehingga kehadiran lampu menja akan dapat menciptakan kesan nyaman saat kita beraktivitas dalam ruangan dimana kita menaruh lampu meja tersebut.